EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KAIDIPANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

  • Ismail Lauma Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Siti Asiah T Pido IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Supervisi, Standar Proses

Abstract

Kajian ini menganalisis efektivitas pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap standar proses pembelajaran PAI, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian bahwa supervisi terhadap standar proses pembelajaran PAI belum efektif karena keterbatasan waktu kepala sekolah sehingga menunjuk guru senior untuk membantunya. Selain itu kinerja kepala sekolah lebih menitikberatkan pada pemenuhan aspek teknis administratif daripada aspek akademis dan pembelajaran; pengawasan lebih ke segi fisik pendukung pembelajaran. Faktor penunjang efektivitas supervisi terhadap standar proses pembelajaran PAI yakni kompetensi kepala sekolah dan kemampuan guru dalam pembelajaran. Faktor penghambat terdiri atas keterbatasan waktu kepala sekolah dan faktor keterbatasan sumber daya pendidikan.

Published
2019-02-08
How to Cite
Lauma, I., & Pido, S. (2019). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KAIDIPANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(2), 19-34. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/aj/article/view/542