PERANAN WANITA KARIER TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMBENTUKANKARAKTER ANAK DI KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Yeni Marlina Hamdjati Pasca Sarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Djailani Haluty IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Peranan Wanita Karir, Kecerdasan Intelektual, Karakter Anak

Abstract

Wanita karier dalam pembahasan tesis ini adalah seorang ibu yang berkiprah pada dunia kerja dan mampu mengasuh dan mendidik anak-anaknya, sehingga daripadanya dapat memberi dampak posisitif yang cukup besar kepada anak dalam hal pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah: Pertama, bagaimana tingkat partisipasi wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Kedua, bagaimana upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat partisipasi dan upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango.

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan yuridis normatif, sosilogis-kultural, dan pendekatan psikologis serta teknik pengumpulan data melalui observasi, analisis, wawancara, dan daftar informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tingkat Partisipasi Wanita karier dalam Pembinaan Spiritual dan Pembentukan Karakter Anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango ditunjukkan melalui pengasuhan anak sepenuhnya dilakukan oleh orang tua, pembiasaan atau pemberian contoh teladan kepada anak-anak dalam lingkup penanaman akhlakul qarimah, orang tua selalu memperhatikan cara belajar anak, orang tua membuat program kegiatan yang harus dilakukan oleh anak-anaknya dalam setiap hari, orang tua meskipun aktivitas keseharian lebih banyak berada di luar rumah, tetapi selalu berusaha untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak-anaknya agar memiliki pengetahuan aqidah dan akhlak secara dini serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai aqidah dan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari; 2) Upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango di antaranya; a) melakukan pendidikan aqidah dan akhlak secara intesif kepada anak melalui mempraktekkan amalan ibadah di dalam kehidupan sehari-hari, seperti shalat lima waktu, puasa, membaca al-Qur‟an, dan amalan ibadah lainnya. Sedangkan pendidikan akhlak dilakukan dengan cara penanaman etika dan moral dalam keluarga, memperkenalkan kepada anak-anak cara hidup menghargai sesama manusia dan makhluk lainnya di lingkungan sekitarnya, serta mengajari anak agar selelu bersyukur dan bersabar untuk mengakui kebesaran Ilahi atas apa yang terjadi kepada makhluk ciptaan-Nya; b) memberikan contoh ketaladan yang baik kepada anak pada semua aspek; c) memasukkan anak ke lembaga-lembaga pendidikan agama, atau mengikutsertakan anak pada setiap kegiatan keagamaan, serta membiasakan anak membaca buku-buku tentang Aqidah dan Akhlak; d) melakukan pengawasan terhadap semua aktivitas anak terutama; cara belajar anak, sikap ramah anak terhadap orang lain, cara bergaul anak dengan yang lebih muda, sederajat atau yang lebih tua, yang kesemuanya disertai dengan penetapan puneshman dan reward atas perbuatan yang mereka lakukan.

Rekomendasi hasil penelitian ini adalah; seyogyanya seorang ibu yang meskipun banyak berkarier di luar rumah, tetapi tidak boleh mengesampingkan tanggungjawabnya yang utama yaitu mendidik anak-anaknya menjadi insan paripurna yang berkepribadian mulia dan memiliki masa depan yang cerah. Di samping itu, orangtua diharapkan dapat memperbanyak referensi tentang pola asuh wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak ke arah yang lebih baik.

Published
2019-02-11
How to Cite
Hamdjati, Y., & Haluty, D. (2019). PERANAN WANITA KARIER TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMBENTUKANKARAKTER ANAK DI KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(2), 103-125. https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.544