Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim terhadap Pembentukan Karakter dan Prestasi Belajar Santri

Authors

  • Ali Sabana Mudakir

DOI:

https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.681

Keywords:

Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Karakter, Prestasi Belajar, Santri

Abstract

Kemerosotan akhlak santri terjadi karena santri tidak mengetahui adab dan tata cara menuntut ilmu yang baik dan benar. Kitab Ta’lim al-Muta’allim  adalah kitab yang membahas tentang adab dan tata cara dalam menuntut ilmu. Dengan pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim  diharapkan santri dapat memahami dan menguasai materi tersebut serta mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap pembentukan karakter dan prestasi belajar santri pesantren Hubulo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi studi hubungan. Untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap pembentukan karakter dan prestasi belajar,  maka digunakan analisis regresi linier sederhana sebanyak dua kali dengan tingkat signifikan 5%. Regresi pertama untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap pembentukan karakter dan regresi kedua untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian  menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari hasil pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim     terhadap pembentukan karakter dan prestasi belajar santri pesantren Hubulo. Besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap pembentukan karakter adalah 0,358 dan nilai konstan 37,154 dengan nilai signifikan 0,000, sedangkan besarnya pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim terhadap prestasi belajar adalah 0,390 dan nilai konstan 10,767 dengan nilai signifikan 0,000. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah terletak pada variabel independennya (kitab Ta’lim al-Muta’allim  ).

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Mudakir, A. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim terhadap Pembentukan Karakter dan Prestasi Belajar Santri. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 2(2), 211–241. https://doi.org/10.30603/jiaj.v2i2.681