EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MANDIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.30603/jiaj.v3i2.538Keywords:
Bimbingan Belajar Mandiri, Hasil BelajarAbstract
Guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran membantu setiap peserta didik mengatasi kesulitan belajar baik secara individual maupun kelompok, melalui bimbingan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan bimbingan belajar mandiri dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar mandiri di SMK Negeri 3 Gorontalo terdapat 3 proses tahapan yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Penilaian, Terbukti besarnya pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan teknik individual dan kelompok keseluruhannya tuntas belajar (100%). Teknik individual rerata prosentase baik sekali 57.89 dan rerata prosentase kriteria baik 42.11 %. Sedangkan keberhasilan teknik kelompok rerata prosentase baik sekali 66.67 %, dan rerata prosentase kriteria baik 33.33%.