METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

  • Muh. Arif IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Penerapan metode langsung (direct method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren al-Falah dipandang relevan dengan ciri-ciri dan prosedur penerapannya, bahkan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di pesantren tersebut diterapkan sistem bi’ah lughawiyah. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan penerapan Metode Langsung (Direct Method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah telah menunjukkan bahwa: minat dan motivasi siswa sangat tinggi untuk belajar agama dan bahasa Arab. Begitu pula metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah membuat siswa mudah memahami dan menguasai pelajaran. Selain itu  telah didukung dengan penerapan sistem bi’ah lughawiyah (penciptaan lingkungan bernuansa Arab) yang dilaksanakan sepanjang waktu mulai bangun tidur santri hingga tidur kembali. Sedangkan faktor yang menghambat keberhasilan penerapan Metode Langsung (Direct Method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah ini, antara lain berkaitan dengan problematika umum dalam penerapan Metode Langsung, seperti kebebasan berbicara pada situasi yang tidak diprogramkan, mencampuradukkan antara bahasa asing dan bahasa ibu, ketidaksiapan tenaga pengajar, dan penciptaan bi’ah lughawiyah yang belum maksimal.

Published
2019-02-23
How to Cite
Arif, M. (2019). METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-Lisan, 4(1), 44-56. https://doi.org/10.30603/al.v4i1.605