METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Main Article Content
Abstract
Penerapan metode langsung (direct method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren al-Falah dipandang relevan dengan ciri-ciri dan prosedur penerapannya, bahkan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di pesantren tersebut diterapkan sistem bi’ah lughawiyah. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan penerapan Metode Langsung (Direct Method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah telah menunjukkan bahwa: minat dan motivasi siswa sangat tinggi untuk belajar agama dan bahasa Arab. Begitu pula metode pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah membuat siswa mudah memahami dan menguasai pelajaran. Selain itu telah didukung dengan penerapan sistem bi’ah lughawiyah (penciptaan lingkungan bernuansa Arab) yang dilaksanakan sepanjang waktu mulai bangun tidur santri hingga tidur kembali. Sedangkan faktor yang menghambat keberhasilan penerapan Metode Langsung (Direct Method) dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Falah ini, antara lain berkaitan dengan problematika umum dalam penerapan Metode Langsung, seperti kebebasan berbicara pada situasi yang tidak diprogramkan, mencampuradukkan antara bahasa asing dan bahasa ibu, ketidaksiapan tenaga pengajar, dan penciptaan bi’ah lughawiyah yang belum maksimal.
Downloads
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.