Aplikasi Metode Card Short dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih

Authors

  • Suriyati Abas Akibun

Keywords:

metode card short, motivasi belajar, pembelajaran Fikih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode card short dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fikih. Subjek penelitian adalah siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo berjumlah 16 orang siswa terdiri dari: 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fikih yang dibuktikan dengan  meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Dari rata-rata nilai 65,94 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 7 siswa atau 43,75% pada observasi awal meningkat menjadi 72,31 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% pada siklus I, sementara pada siklus ke II ini rata-rata  nilai sudah mencapai 76,95. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 14 siswa atau 87,5%.  Demikian halnya dengan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, aktivitas siswa memperoleh jumlah rata-rata skor 21,26 dengan kriteria baik, kemudian mengalami peningkatan jumlah rata-rata skor 25,31dengan kriteria baik pada siklus II. Metode ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik dalam mengikuti pembelajaran Fikih. Selain itu, pembelajaran dengan metode Card Sort tidak hanya dapat dilakukan didalam ruang kelas saja, tetapi dapat pula dilakukan di luar ruang kelas sehingga suasana yang tercipta dapat membuat siswa lebih menikmati pelajaran yang diberikan.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Akibun, S. A. (2018). Aplikasi Metode Card Short dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 94–112. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1025