Model Kepemimpinan yang Melayani dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Servant Leadership Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo

  • Mufassir Mufassir
  • Roni Muhamad
  • Abdurahman Mala
Keywords: kepemimpinan, kepala madrasah, mutu pendidikan, servant leadership

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Penelitian termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, staf madrasah, dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  model kepemimpinan melayani yang telah dilaksanakan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yaitu dalam hal kemampuannya dalam mendengarkan harapan dari warga madrasah, berempati, memiliki dan meningkatkan kesadaran diri warga madrasah, membangun kekuatan persuasif yang menyatukan kebersamaan diantara warga madrasah, memiliki konseptualisasi dan kemampuan menyembuhkan, mampu melayani warga madrasah, memiliki komitmen terhadap pengembangan individu dan memiliki visi dan misi yang jelas demi masa depan madrasah serta memiliki kemampuan membangun komunitas. Model kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dapat direferensikan sebagai salah satu model yang tepat untuk diterapkan dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah saat ini, karena model kepemimpinan ini sesuai dengan filosofi kependidikan di Indonesia terlebih dalam konteks kekinian.

Published
2019-06-25
How to Cite
Mufassir, M., Muhamad, R., & Mala, A. (2019). Model Kepemimpinan yang Melayani dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Servant Leadership Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38-56. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1089