Hubungan Intensitas Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Guru PAI SD

  • Yahya Anuli
Keywords: Intensitas, kinerja guru, supervisi akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas supervisi akademik dengan kinerja guru PAI, khususnya di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 29 guru PAI di SD dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner/angket didukung dengan hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas supervisi akademik pengawas berkorelasi positif dan signifikan dengan kinerja guru PAI di SD. Artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas supervisi akademik pengawas dengan kinerja guru PAI di SD. Agar pelaksanaan supervisi akademik memberikan kontribusi bagi peningkatan kinerja guru PAI, disarankan hendaknya pengawas dalam pelaksanaan supervisi di lapangan tidak membatasi waktu atau sesuai jadwal melainkan secara berkala dan berkesinambungan, sehingga permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran dapat terselesaikan dengan tuntas. Selain itu, diharapkan guru dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan penilaian/evaluasi lebih baik.

Published
2019-06-26
How to Cite
Anuli, Y. (2019). Hubungan Intensitas Supervisi Akademik Pengawas terhadap Kinerja Guru PAI SD. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 160-173. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1098