Implementasi Pelayanan Berbasis Budaya Religius Birokrasi FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo

  • Ramli Y. Ibrahim Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melihat kualitas kinerja pelayanan birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif. Hasil penetilian menemukan bahwa walaupun masih jauh dari harapan, namun keinginan kuat para  birokrasinya untuk meningkatkan kinerja, tidak bisa dipungkiri adanya. Manajemen kinerja birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang belum terlaksana secara baik berakibat pada rendahnya pelayanan. Dalam pelayanannya, birokrasi  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, dalam pengurusan administrasi masih membutuhkan waktu yang cukup lama dan bertele-tele, tidak memahami job discription oleh masing-masing pegawai, tingkat disiplin kerja yang masih rendah, pengisian Laporan Kinerja Bulanan tidak berdasarkan pada proses kerja yang sesungguhnya. Padahal, jika manajemen kinerja birokrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo dilaksanakan secara baik, dengan tidak mengabaikan basis budaya religius yang ada, yaiitu: kejujuran, keadilan, memberi manfaat bagi orang lain, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan yang kuat, serta disiplin tinggi, bukan tidak mungkin mutu pelayanan pegawai di Fakultas menjadi jawaban atas tuntutan civitas akademik dan masyarakat luas yang menantikan pelayanan yang baik.

Published
2019-12-31