TINJAUAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS RUMAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS PGMI A DAN B SEMESTER 3 JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Suhendra Iskandar
Keywords: Efektivitas, Tugas Rumah, Pembelajaran Matematika

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai efektivitas pembelajaran matematika di kelas PGMI A dan B Semester 3 Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo Tahun Ajaran 2016/2017.  Penelitian dilakukan melalui pemberian tugas rumah di akhir pertemuan pada tiap pekannya yang akan dikumpulkan pada pekan selanjutnya yang dianjutkan dengan evaluasi pemahaman melalui kuis.  Nilai tugas rumah dan nilai kuis kemudian ditentukan apakah berkorelasi atau tidak melalui analisis pearson product moment dan regresi untuk menentukan efektif tidaknya pemberian tugas rumah dalam memotivasi peserta didik di kelas PGMI A dan B tersebut dalam pembelajaran matematika.  Hasil menunjukkan bahwa pemberian tugas rumah efektif dalam memotivasi peserta didik di kelas PGMI A dalam pembelajaran matematika, tetapi tidak begitu halnya di kelas PGMI B.Hal ini mengindikasikan bahwa keberhasilan metode pembelajaran melalui pemberian tugas rumah tergantung pada karakteristik peserta didik di dalam suatu kelas.

Published
2016-06-01