EFEKTIVITAS KONSELING KOGNITIF DALAM MENGATASI DISLEKSIA PADA ANAK KELOMPOK B TK DAMHIL DWP UNG KOTA GORONTALO TAHUN AJARAN 2014/2015

  • Amalia Rizki Pautina
Keywords: Disleksia, Konseling Kognitif

Abstract

Konseling Kognitif untuk mengatasi disleksia pada anak. Penelitian dilatarbelakangi oleh gangguan disleksia yang dialami anak Kelompok B di TK DAMHIL DWP UNG Kota Gorontalo, padahal disleksia dapat menghambat proses pembelajaran anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan layanan bimbingan dan konseling dengan pendekatan konseling kognitif dalam mengatasi ganguan disleksia pada anak yang didasarkan pada pengolahan data empirik tentang kemampuan membaca permulaan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian dilaksanakan melalui enam tahapan sebagai berikut: studi pendahuluan, penyusunan program hipotetik, validasi program, revisi program, pelaksanaan layanan, dan pengungkapan akhir untuk melihat keefektifan pemberian layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kognitif efektif untuk mengatasi gangguan disleksia pada anak kelompok B di TK DAMHIL DWP UNG Kota Gorontalo.Konseling kognitif untuk mengatasi gangguan disleksia direkomendasikan untuk dipertimbangkan sebagai salah satu kerangka kerja dalam pengembangan dan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Rekomendasi untuk peneliti berikutnya adalah mengkaji kesulitan belajar dari aspek, sudut pandang dan dengan menggunakan teknik pendekatan yang lain yang mempengaruhi usaha pengembangan kemampuan belajar pada anak.

Published
2016-06-01