PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN HABITUASI

Main Article Content

Firmansah Kobandaha

Abstract

Departemen Pendidikan Amerika Serikat mendefinisikan pendidikan karakter sebagai proses belajar yang memungkinkan peserta didik dan orang dewasa untuk memahami, peduli, dan bertindak pada nilai-nilai etika inti, seperti rasa hormat, keadilan, kebajikan warga Negara yang baik, dan bertanggung jawab bagi diri sendiri dan orang lain.Pendidikan karakter juga bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan.Pendidikan katakter akan sangat berpengaruh pada perkembangan suatu bangsa. Salah satu metode yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam memnbentuk karakter peserta didik adalah dengan pendekatan habituasi. Karena dalam membentuk perilaku atau karakter seseorang itu membutuhkan pembiasaan-pembiasaan yang harus dia lakukan secara konsisten.


 

Article Details

How to Cite
Kobandaha, F. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDEKATAN HABITUASI. Irfani (e-Journal), 13(1), 131–138. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/534
Section
Articles