PenerapanStrategi PembelajaranResource-Based-Learning (RBL)DalamMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Gorontalo

  • ZohraWaty Hiola IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

Abstract

 

Studi ini bertujuan untuk mengetahui hasil aktivitas belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran resource-based-learning (RBL).Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran RBL meningkat. Hal ini ditunjukkan pada pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel atau 80,9094 > 4.05pada α= 0,05 artinya ada pengaruh yag signifikan dalam penerapan strategi pembelajaran RBL terhadap hasil belajar peserta didik

Published
2018-06-25