OPTIMALISASI KECERDASAN ANAK MELALUI DONGENG

Authors

  • Munirah Munirah Fakultas Tarbiyah & Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Hasmidar Pesantren Modern Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muthahidah Putra Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/md.v1i2.1071

Keywords:

Optimalisasi, Kecerdasan, Dongeng

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana mengoptimalkan kecerdasan anak melalui dongeng. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif melalui riset kepustakaan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa dengan mendongeng dapat mengembangkan kecerdasan anak serta  dongeng dapat dijadikan media orangtua untuk memberitahu sesuatu kepada anak secara lisan atau memberikan pesan untuk mereka. Selama menceritakan kisah tersebut, orangtua dapat meningkatkan imajinasi dan dapat membentuk karakter mereka dan bagi anak yang kreatif akan mudah menebak apa yang akan terjadi selanjutnya pada tokoh dongeng tersebut. Dongeng dapat menjadikan anak aktif, suka membaca dan dapat menjadikan anak mengenal hal-hal yang baik serta menghindari hal-hal yang buruk.

Downloads

Published

2019-12-07

How to Cite

Munirah, M., & Hasmidar. (2019). OPTIMALISASI KECERDASAN ANAK MELALUI DONGENG. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 1(2), 160–171. https://doi.org/10.30603/md.v1i2.1071