Kreativitas Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih dI MTs Bahrul Ulum Sumalata

  • Erwin Yusuf Pai
  • Razak Umar
  • Munirah Munirah
Keywords: Kreativitas;, Merancang

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran Fiqih. bagaimana dampak kreativitas guru mengolah media pembelajaran dalam mempengaruhi proses belajar mengajar di MTs Bahrul Ulum.Penelitian meggunakan. Jenis penelitan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan melalui tiga tahapan, yaitu: redup. si data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwah kurangnya media yang di gunakan pada saat pembalajaran Fiqih atau pemelajaran yang lain, sangat minim, oleh karena itu guru yang megajar di sekolah tersebut jarang menggunakan LCD, guru di sekolah tersebut kebanyakan menggunakan media gambar saja atau buku cetak untuk melakukan pembelajaran tersebut. Upaya yang dilakukan sekolah tersebut adalah berusaha meyediakan media yang lebih bagus lagi, seperti LCD agar siswa itu tidak mersakan bosan di kelas, yang hanya mengunaan media cetak atau mebagikan buku cetak saja. Saran saya ke sekolah itu agara meyediakan media yang di sukai oleh siswa tersebut, karena kalau sekolah meyediakan media LCD ke siswa pasti siswa itu merasa senang menerima pelajaran yang akan berlansung.

Published
2020-02-12
How to Cite
Yusuf, E., Umar, R., & Munirah, M. (2020). Kreativitas Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih dI MTs Bahrul Ulum Sumalata. PEKERTI, 2(1), 15-25. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1208