Pengaruh Penerapan Sistim Full Day School Terhadap Hasil Belajar PAI di SD Integral Hidayatullah Kota Gorontalo

  • Rahmatullah Baderan
  • Muh. Arif

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemilihan sekolah yang baik bagi siswa. Sekolah tidak hanya memberikan pelajaran mengenai ilmu pengetahuan saja tampa ada pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dimana mengajarkan siswa untuk mengamalkan syariat Islam.  Beraneka ragam sekolah yang dapat dipilih oleh orang tua siswa. SD Integral Hidayatullah Kota Barat salah satu sekolah yang menerapkan sistem berbeda dengan sekolah lainnya, yaitu sistem full day school. sekolah ini membantu dalam perkembangan pengetahuan serta ahlak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem Full Day School terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Design Survey Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD Integral Hidaytullah Kota Barat yang berjumlah 83 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan “SPSS v 16.0 for windows”. Berdaasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis data melalui program “SPSS v 16.0 for windows” diperoleh persamaan regresi linier Y= 18.197+0.715x. hal ini berarti bahwa penerapa Full Day School, maka akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar  PAI peserta didik sebesar 0.715. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi menunjukan, bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan Full Day School  dengan hasil belajar PAI peserta didik yaitu tergolong pada rentang yang sedang dengan presentasi 48,4%. Jadi, jika penerapan Full Day School mengalami peningkatan maka akan turut memepengaruhi hasil belajar PAI peserta didik. Dari hasil penelitian diatas, menjelaskan bahwa pentingnya penerapan Full Day School untuk meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Dan melihat adanya pengaruh yang sedang antara penerapan Full Day School dengan hasil belajar PAI, disarankan kepada guru PAI untuk lebih memperhatikan dan menigkatkan penerapan Full Day School, agar mampu meningkatakan hasil belajar PAI menjadi lebih baik.

Author Biography

Muh. Arif

IAIN Sultan Amai Gorontalo

Published
2019-08-01
How to Cite
Baderan, R., & Arif, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistim Full Day School Terhadap Hasil Belajar PAI di SD Integral Hidayatullah Kota Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 131-147. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1116
Section
Articles