Pendidikan Humanis dan Implikasinya Dalam Pembelajaran

Authors

  • Firman Sidik

Abstract

Pendidikan humanis merupakan sebuah model pembelajaran yang dalam praktiknya selalu memperjuangkan hak-hak setiap individu agar dapat mengaktualisasikan dan mengeksplor potensi diri. Selain itu, pendidikan humanis hadir untuk menjawab berbagai problem pendidikan yang dewasa initer kesan menjadi tempat penindasan intelektual dan kreatifitas individu karena menempatkan peserta didik sebagai manusia yang tidak memiliki pengetahuan apapun dan guru menjadi sosok yang maha tahu yang begitu mendominasi. Dengan adanya pendidikan humanis pembelajaran lebih kondusif serta memberikan pengakuan dan kepercayaan atas keunikan yang dimiliki tiap individu, selain itu dapat juga menciptakan sebuah pola pembelajaran yang lebih kooperatif dan  demokratis. Dengan demikian, adanya praktik pendidikan humanis akan membawa dampak yang positif bagi perkembangan dunia pendidikan dan pernyataan bahwa pendidikan merupakan tempat untuk memanusiakan manusia bukanlah suatu mimpi belaka namun hal tersebut benar-benar bisa diwujudkan dalam realitas pendidikan.

Downloads

Published

2016-02-01

How to Cite

Sidik, F. (2016). Pendidikan Humanis dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 88–95. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1137