Model Pengembangan Kurikulum Hilda Taba dan Identifikasinya Dalam Kurikulum Pendidikan Islam

Authors

  • Yu'timaalahuyatazaka Yu'timaalahuyatazaka

Abstract

Identifikasi model Taba dalam metode pengembangan kurikulum pendidikan Islam sudah nampak dari adanya tujuan umum, klasifikasi tujuan-tujuan, dan tujuan khusus. Artinya, kurikulum pendidikan Islam telah memuat aspek-aspek tersebut sesuai dengan langkah-langkah pengembangan kurikulum Hilda Taba. Sementara itu, dalam merinci tujuan-tujuan berupa pengetahuan (fakta ide, konsep), berpikir, nilai-nilai, sikap, emosi dan perasaan, keterampilan belum begitu jelas dalam tujuan kurikulum pendidikan Islam.  Dengan demikian, rinciannya dapat diperjelas sebagai berikut; dalam aspek pengetahuan,  tujuan pendidikan Islam adalah memperoleh dan mengembangkan pengetahuan yang dapat mendekatkan diri (peserta didik) kepada Allah swt. Kedua, aspek berpikir. peserta didik perlu berpikir lebih kritis, baik dalam proses pembelajaran secara tekstual dan kontekstual. Ketiga, aspek nilai-nilai, sikap, emosi dan perasaan di dalam rincian tujuan pendidikan menurut Taba juga perlu dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Keempat, aspek ketrampilan. Ketrampilan peserta didik juga perlu untuk diasah sebagai bekal untuk menjalani kehidupannya.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Yu’timaalahuyatazaka, Y. (2016). Model Pengembangan Kurikulum Hilda Taba dan Identifikasinya Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 138–148. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/448