Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Menyimak Anak TK Islam Al-Afiah

Authors

  • Wiwik Pratiwi

Abstract

Pengaruh metode bercerita dengan menggunakan kartu bergambar terhadap kemampuan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan menyimak pada TK ISLAM AL AFIAH. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan eksperimen pre-eksperimental dengan jenis desain One Group pre test and post test Group Design. Subjek  dalam penelitian adalah anak didik TK A di TK Islam AL Afiah, sebanyak 11. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara porpovive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motode bercerita dengan menggunakan kartu gambar dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak pada TK Islam Al-Afiah. dengan skor rata-rata kemampuan anak pada sebelum diberi perlakuan 14,545 dan setelah diberi perlakuan 20,000 dan terjadi peningkatan dari hasil sebelum ke hasil sesudah perlakuan.

Downloads

Published

2016-08-01

How to Cite

Pratiwi, W. (2016). Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Menyimak Anak TK Islam Al-Afiah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 95–108. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/489