Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Authors

  • Titi Katili

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui revitalisasi nilai-nilai karakter meningkatkan sikap belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits khususnya di MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi nilai-nilai karakter dalam meningkatkan sikap belajar peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo yaitu nilai religius, jujur, mandiri, toleransi, tanggungjawab dan disiplin. Cara guru mengintegrasikan pada pembelajaran dengan memasukkan ke enam nilai/karakter tersebut kepada seluruh kompetensi dasar dalam RPP, tanpa ada pemilahan dari nilai/karakter bersangkutan. Pengintegrasian tersebut dilakukan dengan cara melakukan penekanan tertentu pada materi yang berhubungan dengan nilai karakter yang dibiasakan kepada peserta didik.

Downloads

Published

2018-08-01

How to Cite

Katili, T. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 81–101. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/509