Implementasi Model Kooperatif Group Investigation Dalam Pembelajaran Sholat

Authors

  • Kasim Yahiji IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Nur Asiyah Nur Asiyah IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Wiska Bemang IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

Implementasi Pembelajaran Model Kooperatif Group Investigation dalam pembelajaran shalat. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi adalah Bagaimana implementasi pembelajaran model kooperatif Group Investigation dalam cara sholat, Apa kendala penggunaan pembelajaran model kooperatif Group Investigation dalam pembelajaran shalat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Model Kooperatif Group Investigation serta dibahas dengan metode deskriftif  analisis dalam bentuk pemaparan data yang dikumpulkan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

 Hasil penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Group Investigation, Pemahaman  Tentang  Sholat secara umum telah berjalan dengan baik. Semua guru dan kepala sekolah melakukan kegiatan tersebut. Penerapannya dilakukan di dalam kelas dan diluar kelas. Bentuknyapun bermacam-macam. Dari menasehati, memotivasi bahkan sampai pemberian hadiah dan sangsi telah dilakukan.. Jika kelas tersebut belum layak digunakan dalam proses pembelajaran maka terlebih dahulu akan dilakukan pembenahan atau pengaturan ruang kelas sampai benar-benar  teratur dan siap untuk digunakan belajar. Kondisi siswa juga tidak luput dari perhatian Guru-guru ketika akan memulai suatu pembelajaran.

Downloads

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles