Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango

  • Jamrawati Jusuf
Keywords: Standar Pengelolaan Pendidikan, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan tahapan implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Sabrun Jamil Botupingge, berikut faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi tersebut. Adapun permasalahan implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada penelitian ini, difokuskan pada  proses pelaksanaan program. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, staf pegawai, peserta didik, dan komite madrasah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini pendekatan multidisipliner, dengan menggunakan analisis data kualitatif meliputi tiga tahap; pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses implementasi standar pengelolaan pendidikan, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Sabrun Jamil Botupingge sudah terlaksana dengan baik, meskipun ada beberapa komponen pengelolaan yang belum terlaksana sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan dalam meningkatakan kualitas pembelajaran di kelas maupun di luar kelas; seperti pada pengelolaan bidang kesiswaan untuk aspek bimbingan dan konseling pada pengelolaan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pengelolaan pembiayaan dan keuangan, pengelolaan humas dan kemitraan. Hal ini disebabkan terdapat beberapa faktor penghambat seperti rendahnya minat orang tua dan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah, perencanaan keuangan yang kurang matang; kebijakan pemerintah dan yayasan, proses atau alur pencairan dana yang tidak mudah, adanya program pendidikan gratis, program kerja humas, serta pengetahuan orang tua tentang madrasah yang minim. Rekomendasi penelitian, hendaknya meningkatkan peran seluruh warga madrasah untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, baik dari alat pembelajaran, maupun sarana prasarana untuk mendukung pengelolaan pendidikan yang ada di madrasah.

Published
2019-06-26
How to Cite
Jusuf, J. (2019). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 190-211. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1100

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo