https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/issue/feedAl-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam2025-05-11T23:45:42+00:00Herson Anwarherson.anwar@iaingorontalo.ac.idOpen Journal Systems<p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti.</span></span></span></span></p> <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Terbit empat kali dalam satu tahun setiap 3 bulan sekali yaitu bulan Desember, Maret, Juni, September yang berisi tulisan ilmiah dari penelitian / penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam ; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan / materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai,Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental / umum tentang paradigma pendidikan Islam</span></span></span></span></p>https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6344Filsafat Pendidikan Al-Ghazali2025-05-11T23:45:42+00:00Ferri Firmansyahferrifirmansyah176@gmail.comNasikhinNASIKHIN@walisongo.ac.idMustopamustopa@walisongo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis filsafat pendidikan Al-Ghazali dengan fokus pada hakikat manusia sebagai pencari ilmu, serta relevansinya dalam konteks pendidikan modern. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif melalui analisis literatur terhadap karya-karya Al-Ghazali dan sumber terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ghazali menekankan integrasi ilmu, moralitas, dan spiritualitas dalam pendidikan, di mana pencarian ilmu tidak hanya bersifat intelektual tetapi juga spiritual dan moral. Konsep ini relevan dengan pendidikan modern yang membutuhkan pendekatan holistik untuk membentuk karakter siswa. Dengan demikian, pemikiran Al-Ghazali dapat menjadi landasan dalam pengembangan sistem pendidikan yang seimbang antara aspek akademik dan nilai-nilai moral-spiritual. Kontribusi penelitian ini terletak pada penegasan pentingnya pendekatan pendidikan holistik berbasis nilai-nilai spiritual dan etis dalam kurikulum modern, serta memberikan perspektif filosofis yang dapat memperkaya wacana pendidikan Islam dan praktik pendidikan kontemporer.</p>2025-02-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islamhttps://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6271FILSAFAT PRAGMATISME: MENINJAU ULANG INOVASI PENDIDIKAN ISLAM2025-04-05T07:37:27+00:00Musli Ishakamoesishak@gmail.comMujahid Damopoliimujahiddamopolii@gmail.comAdnanadnansubhi1971@gmail.comNazar Husainnazarhusain80sister@gmail.com<p>Artikel ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa inovasi pendidikan di Indonesia masih rendah, hal ini tercermin dari daya saing SDM Indonesia yang masih lemah jika jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara. Hadirnya teori pragmatisme diharapkan mampu menjadi alternatif teoritis pendekatan inovasi pendidikan Islam. Artikel ini berupaya memformulasikan desain dan proses inovasi Pendidikan Islam berdasarkan penelitian dan studi pustaka yang bersifat kualitatif. Artikel ini merupakan telaah filosofis sebagai upaya mengkonstruksi proses inovasi Pendidikan Islam dalam perspektif filsafat Islam dan pragmatisme. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses inovasi adalah keniscayaan. Dalam perspektif Islam aqidah sohihah menjadi kunci dan langkah awal dalam menemukan kemurnian inovasi pendidikan Islam. Sedangkan pragmatisme menawarkan proses inovasi pendidikan Islam berdasarkan langkah-langkah sistematis yang dimulai dari kritik reflektif, diagnosis, inventarisasai, perenungan, pengujian hipotesis, analisis publik, dan terakhir implementasi.</p>2025-02-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islamhttps://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6272Prospek Pendidikan Islam Di Indonesia2025-04-05T14:35:38+00:00Suleman Towakasulemantowaka94@gmail.comMujahid Damopoliimujahiddamopolii@gmail.comAdnanadnansubhi1971@gmail.comNazar Husainnazarhusain80sister@gmail.com<p>Pendidikan Islam di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moral umat, serta memperkuat identitas keagamaan di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prospek pendidikan Islam di Indonesia dengan mempertimbangkan tantangan dan peluang yang ada. Tantangan yang dihadapi meliputi permasalahan terkait dengan kualitas pendidikan, kurikulum yang belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan zaman, serta keterbatasan fasilitas dan tenaga pendidik yang berkualitas. Sementara itu, peluang untuk pengembangan pendidikan Islam di Indonesia sangat terbuka lebar, terutama dengan kemajuan teknologi, meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, serta dukungan kebijakan pemerintah dalam memperkuat sistem pendidikan Islam. Melalui pendekatan yang inovatif dan adaptif, pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membentuk generasi yang kompeten secara akademik dan kuat dalam nilai-nilai agama. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan perlunya reformasi dalam kurikulum, peningkatan kualitas pengajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar di lembaga pendidikan Islam di Indonesia<em>.</em></p>2025-02-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam