https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/issue/feed Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam 2024-03-14T19:26:04+00:00 Herson Anwar herson.anwar@iaingorontalo.ac.id Open Journal Systems <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam</span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti.</span></span></span></span></p> <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember yang berisi tulisan ilmiah dari penelitian / penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam ; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan / materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai,Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental / umum tentang paradigma pendidikan Islam</span></span></span></span></p> https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4516 Manajemen Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Madrasah Ibitdaiyah Se-Kabupaten Gorontalo 2023-12-28T12:10:48+00:00 Yahya Anuli yahyaanuli74@gmail.com Kasim Yahiji kasimyahiji@iaingorontalo.ac.id Herson Anwar herson.anwar@iaingorontalo.ac.id Lian G. Otaya liangotaya82@iaingorontalo.ac.id <p>Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Gorontalo, Menjelaskan model dan teknik pelaksanaan supervise akademik dan menjelaskan faktor oenhgambat dan pendukung pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Gorontalo. adapun Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitisn ini merupakan jenis penelitian lapangan (<em>field research</em>).Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa <em>pertama </em>langka-langkah pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Gorontalo dilakukan beberapa tahap, pada tahap perencanaan yang dilakukan oleh kepala Madrasah berupa; pengelolaan Kurikulum, persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, dan Standar Isi, peninjauan mutu pembelajaran. Tahap pelaksanaan berupa kunjungan kelas, observasi kelas, inter visitasi, percakapan pribadi, rapat guru workshop atau studi kelompok antar guru. Tahap Evaluasi yaitu Pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam mencapai tujuan, Perbaikan di bidang kurikulum, Perbaikan praktik mengajar, Perbaikan kualitas dan pendayagunaan materi pengajaran dan alat bantu mengajar, Perkembangan personal, dan profesional guru secara umum, dan Perbaikan hubungan sekolah dengan masyarakat.Tahap tindaklanjut dilakukan kegiatan pembinaan langsung yang dilakukan setelah kepala madrasah selesai melakukan observasi pembelajaran adalah pertemuan pasca observasi. Pada pertemuan ini kepala madrasah memberi balikan untuk membantu mengembangkan perilaku guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. <em>Kedua</em>, Model dan tehnik supervise akademik yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dalam peningkatan komptensi akademik berupa supervisi klinis yang merupakan model supervisi yang banyak diterapkan oleh kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi karena model supervisi klinis lebih mengedepankan hubungan antar-pribadi tutorial yang berpusat pada tujuan pengembangan keterampilan dan pertumbuhan profesional melalui belajar dan berlatih. Melalui observasi, evaluasi umpan balik,dan bimbingan memungkinkan kepala sekolah untuk memperoleh kompetensi yang dibutuhkan untuk memberikan bantuan dan bimbingan yang efektif sementara memenuhi profesional tanggung jawab. Ketiga, Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi akademik. Faktor penghambat meliputi; Masih banyaknya para guru Madrasah Ibtida’iyah yang belum S1 atau sudah S1 tetapi bukan jurusan pendidikan, Guru kurang mempersiapkan pembelajaran, Masalah yang dihadapi kepala madrasah dalam melakukan supervisi terhadap guru yang latar belakangnya tidak sesuai dengan kepala sekolah dan ketidaktepatan waktu atau jadwal supervisi yang ditetapkan oleh kepala sekolah, dan Keterbatasan sarana prasarana dan dukungan masyarakat. Kemudian faktor pendukung meliputi tersedianya media pembelajaran dalam upaya berinovasi sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan kompetensi guru</p> 2023-12-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam