Diskursus manajemen mutu terpadu lembaga pendidikan Islam

Penulis

  • Prof. Dr. Hj. Siti Asiah T. Pido, M.M
  • Yinarti Hida, M.Pd
  • Nur Wahidah Thayib Pido, M.Pd

Abstrak

Buku berjudul Diskursus manajemen mutu terpadu lembaga pendidikan Islam. ISBN 978-623-93168-6-0    hanya sekedar dijalankan untuk mengugurkan kewajiban moral, bahwa setiap manusia yang hidup perlu mendapatkan pendidikan yang layak. Namun lebih jauh dari itu, pendidikan perlu dikerjakan secara serius untuk memastikan bahwa peradaban manusia dimasa depan, sedapat mungkin lebih baik dari kehidupan saat ini.
Keinsyafan akan hal tersebut di atas, mendorong kegelisahan penulis untuk mencoba memberikan sumbangsih keilmuan, yang dapat dipertimbangkan untuk mewujudkan kualitas penyelengaraan pendidikan (lembaga pendidikan) menjdi baik dan professional. Secara formal kualitas pendidikan yang baik, sangat dipengaruhi oleh bagaimana pendidikan formal tersebut dikelola dan dijalankan oleh para stakeholder yang terlibat dalam proses pendidikan tersebut. Dalam hal inilah, kami mencoba beriktiar menyajikan beberapa topik pembahasan yang kami pandang relevan dengan kebutuhan dan tantangan lembaga pendidikan, untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang baik dan bermutu. Adapun beberapa topik tersebut ialah sebagai berikut; sejarah manajemen mutu terpadu, pengertian mutu dan peningkatan mutu pendidikan, kepemimpinan dalam manajemen mutu, manajemen peningkatan mutu pendidikan, model-model standar mutu pendidikan, penerapan manajemen mutu pada lembaga pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam, dan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui akreditasi sekolah.
Beberapa topik yang diangkat dan dibahas oleh penulis dalam buku ini, merupakan beberapa komponen yang menurut kami berperan penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu secara kelembagaan (lembaga pendidikan), dalam hal ini tentunya kami secara terbuka menyadari bahwa; dimungkinkan terdapat kekurangan dan kelebihan dalam proses penyusunannya baik dari aspek teknis maupun pada tataran paradigmatik secara teoritis, oleh karenanya kami memohon maaf dan sekaligus memohon masukan yang sifatnya membangun
dari para pembaca. Kami berharap mimpi besar untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang baik dan professional, akan dapat terwujud dalam waktu yang tidak lama lagi, Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Diterbitkan

2023-03-26