Muhammadiyah Tobelo: Studi Kritis Sejarah Penyebaran Paham dalam Masyarakat

Main Article Content

Misbahuddin Misbah Misbahuddin

Abstract

Penelitian ini berjudul Muhammadiyah Tobelo: Studi Kritis Sejarah Penyebaran Paham dalam Masyarakat. Tujuan adalah sejarah dan gerakan Muhammadiyah dengan ciri budaya di Tobelo (Maluku Utara). Hal ini tentu akan memberikan refleksi khusus bagi Persyarikatan Muhammadiyah pusat dalam memahami berbagai perjalanan sejarah dan gerakan dakwah mereka di seluruh Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah kategori penelitian lapangan , kualitatif, dan analisis deskriptif. Secara khusus ada dua pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan sejarah dan sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebaran paham Muhammadiyah di masyarakat Tobelo tidak dapat dilihat dari beberapa aspek. pertama, penyebaran ajaran Muhammadiyah tidak bisa membuka dari peran seorang tokoh bernama H. ​​Abdullah Tjan yang merupakan katurunan etnis Tionghoa. Kedua , penyebaran ajaran Muhammadiyah menggunakan pendekatan kultural (msitisme dan tasawuf). Ketiga , penyebaran ajaran Muhammadiyah tidak lepas dari dukungan Kesultanan Ternate yang hendak meminimalisir Kristenisasi. Keempat , adanya hubungan fluktuatif antara Muhammadiyah dan Pemerintah Belanda dalam interaksi teologis di Tobelo.

Article Details

How to Cite
Misbahuddin, M. M. (2021). Muhammadiyah Tobelo: Studi Kritis Sejarah Penyebaran Paham dalam Masyarakat. Farabi, 18(1), 69–84. https://doi.org/10.30603/jf.v18i1.2482
Section
Articles

References

Ahmad, Irfan. “Agama sebagai Perubahan Sosial: Kristenisasi di Tobelo 1866-1942”. Lembaran Sejarah 11, no. 1 (2014).

Amal, M. Adnan. Kepulauan Rempah-Rempah: Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016.

Amal, M. Adnan, dkk. Damai yang Terkoyak: Catatan kelam dari Bumi Halmahera. Ternate, Madani Press, 2000.

Azhar, Muhammad, Hamim Ilyas. (ed), Pengembangan Pemikiran Keislaman Muhammadiyah: Purifikasi dan Dinamisasi. Yogyakarta: PP Majelis Tarjih dan PPI LPPI UMY, 2000.

Duan, Junsal Efendi. “Gikiri Moi: Konsep Tuhan Orang Tobelo dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Iman Kristen”. Hibualamo 3, no. 2 (2019).

Hamid, Abd Rahman, dan Muhammad Saleh Madjid. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak, 2011.

Handoko, Wuri. Muhammad Almujabuddawat. “Lingkungan dan Lanskap Kampung Tua Kao: Faktor Determinasi Permukiman dan Pusat Islamisasi di Halmahera Utara”, Kalpataru 26, no. 2 (2017).

Kartodirjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Ilmu Sejarah. Jakarta: Gramedia, 1992.

Natsir, Haedar, dkk. Percik Pemikiran Tokoh Muhammadiyah untuk Indonesia Berkemajuan. Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2018.

Sairin, Weinata. Gerakan Pembaruan Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2008.

Tim Penyusun. Muhammadiyah 100 Tahun Menyinari Negeri.Yogyakarta: Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2013.