Media Realia dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun

  • Sitti Rahmawati Tatalango

Abstract

Pemanfaatan media realia dalam kegiatan pembelajaran sains untuk anak usia 5-6 tahun, tidak terlepas dari sifat anak dalam mempelajari sesuatu melalui benda-benda konkrit, sehingga pengalaman belajarnya menjadi bermakna. Pembelajaran sains pada anak usia dini menekankan pada proses menemukan dan melakukan eksperimen sederhana, melalui refleksi dari temuannya. Anak-anak pada tahap berpikir pra opersiaonal, yaitu pada rentang  usia   2-7 tahun, memiliki karakteristik berpikir egosentris dan simbolis dapat  mengalami pembelajaran langsung dengan menggunakan media realia. Media realia sebagai objek nyata dapat mewakili kemampuan berpikir simbolik  pada tahap pra-operasional anak.  Maka guru akan mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak, secara langsung.

 

Published
2020-07-19
How to Cite
Rahmawati, S. (2020). Media Realia dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Irfani, 16(1), 9-25. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1309

Flag Counter

Web Analytics