Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah

Main Article Content

Arfan Nusi

Abstract

Abstrak


Artikel ini mengurai tentang pertentangan antara pendidikan Islam dan umum di tengah kehidupan masyarakat beragama maupun dalam lembaga-lembaga pendidikan di tanah air. Fenomena kaum beragama merasakan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan umum adalah ancaman yang dapat memporak-poranda bangunan keberagamaan bila disatukan dalam bingkai pendidikan Islam, demikian pula dari pendidikan umum meyakini pendidikan Islam hanya akan menghambat kemajuan. Atas dasar inilah M. Amin Abdullah menawarkan seperangkat konsep tentang pendekatan integrasi-interkoneksi dalam bangunan keilmuan. Ia sampai pada konklusi bahwa disiplin keilmuan tidak hanya berhenti sampai pada sikap single entity (arogansi keilmuan: merasa satu-satunya yang paling benar), isolated entities (dari berbagai disiplin keilmuan terjadi “isolasi”, tiada saling tegur sapa), tetapi sampai pada interconnected entities (menyadari akan keterbatasan dari masing-masing disiplin keilmuan, sehingga terjadi saling kerjasama dan bersedia menggunakan metode-metode walaupun itu berasal dari rumpun ilmu yang lain)


 


Kata Kunci: Dikotomi, Pendidikan Islam dan Umum, Integrasi-interkoneksi


 


 

Article Details

How to Cite
Nusi, A. (2021). Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah : Dikotomi Pendidikan Islam dan Umum: Telaah Pemikiran Integrasi-Interkoneksi M. Amin Abdullah . Irfani (e-Journal), 16(2), 27–40. https://doi.org/10.30603/ir.v16i2.1874
Section
Articles