Irfani (e-Journal) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir <p>Irfani is a annual peer-reviewed journal published in Mey and November by LP2M of the Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo Indonesia Print-ISSN 1907-0969 Online-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1421292647" target="_blank" rel="noopener">2442 - 8272</a> </p> en-US alfian_erwinsyah@iaingorontalo.ac.id (Alfian Erwinsyah) fahmi@iaingorontalo.ac.id (Ahmad Fahmi Tuli) Mon, 15 Jul 2024 14:42:29 +0000 OJS 3.3.9.9 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM MEMBANGUN KARAKTER DAN INTEGRITAS MAHASISWA MUSLIM https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/5137 <p><em>Tulisan ini membahas peran penting perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Perguruan tinggi Islam memiliki potensi untuk tidak hanya mendidik individu tetapi juga mengubah masyarakat secara keseluruhan dengan menanamkan nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, dan empati pada siswa mereka. Melalui pendekatan holistik yang mencakup pengembangan moral dan etika, lembaga pendidikan tinggi Islam dapat membantu siswa menjadi agen perubahan positif di komunitas mereka. Dengan menekankan kejujuran, akuntabilitas, dan keadilan, perguruan tinggi Islam mempersiapkan lulusannya untuk membuat keputusan etis dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka, serta mempromosikan budaya kejujuran dan keadilan di masyarakat. Selain itu, tulisan ini juga menyoroti pentingnya refleksi diri, kesadaran, dan pertanggungjawaban dalam membangun budaya integritas dan perilaku etis. Dengan memahami dampak faktor eksternal pada pengambilan keputusan individu, pendidikan tinggi Islam dapat membantu individu menavigasi dilema moral yang kompleks dan membentuk masyarakat yang lebih etis dan bertanggung jawab. Dalam tulisan ini, metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Penulis menggunakan pendekatan analisis teks untuk menyelidiki peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber teks yang relevan, penulis menyusun argumen dan pemikiran yang mendukung peran penting pendidikan tinggi Islam dalam pengembangan karakter dan integritas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menguraikan peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi Islam memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim. Dengan menanamkan nilai-nilai seperti integritas, kejujuran, dan empati pada siswa mereka, lembaga pendidikan tinggi Islam dapat membantu menciptakan individu yang berpengetahuan luas, berintegritas moral, dan siap menjadi agen perubahan positif di masyarakat.. Dengan demikian, hasil penelitian ini menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi Islam dalam membentuk karakter dan integritas mahasiswa Muslim untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil, harmonis, dan beretika.</em></p> Rijal Firdaos, Wawan Wahyudin, Purnomo Mulyosaputro, Wawan Gunawan, Vita Vitisia Copyright (c) 2024 Irfani (e-Journal) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/5137 Mon, 15 Jul 2024 00:00:00 +0000 KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/5138 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru. Sebagai fokus utama dari penelitian ini adalah memberikan mendefinisikan kepemimpinan transformasional, mengidentifikasi kriteria utama dalam kepemimpinan transformasional, serta mengevaluasi bagaimana gaya kepemimpinan ini dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data didapat melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala madrasah, guru, dan staf tata usaha atau staf administratif di beberapa madrasah. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema utama yang berkaitan dengan kepemimpinan transformasional dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah berperan signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Gaya kepemimpinan ini memiliki dimensi pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan pertimbangan individual. Kepala madrasah yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional cenderung mampu memberikan motivasi yang tinggi kepada guru, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, dapat memberikan inovasi dan kreativitas, serta memperhatikan kebutuhan individu guru. Berdasarkan hal tersebut, gaya kepemimpinan transformasional terbukti efektif dalam mengelola sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja organisasi madrasah secara keseluruhan.</p> Wahyu Hidayat, Agus Gunawan, Purnomo Mulyosaputro, Wawan Gunawan, Vita Vitisia Copyright (c) 2024 Irfani (e-Journal) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/5138 Mon, 15 Jul 2024 00:00:00 +0000 SELF-EFFICACY (EFIKASI DIRI) DAN STRATEGI KONSELING PADA SISWA SEKOLAH DASAR : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/4936 <p><em>Self-efficacy</em> akan membuat siswa memiliki keyakinan terhadap kesuksesan, keberhasilan atau prestasi yang akan dicapai. Untuk meningkatkan s<em>elf-efficacy</em> pada siswa, dapat diupayakan melalui bimbingan dan konseling di sekolah. Layanan BK bertujuan untuk membantu peserta didik berkembang menjadi individu yang produktif, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apasaja komponen-komponen <em>self-efficacy</em> dan strategi konseling pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan SLR (<em>Systematic Literature Review</em>) dengan Metode PRISMA untuk melakukan kajian sistematis pada penelitian ini dengan &nbsp;mengkaji hasil penelitian yang dipublish dari tahun 2018-2023,Sumber artikel yang digunakan diperoleh melalui pencarian dengan kata kunci “<em>elementary students</em>”, dipadukan dengan “<em>counseling strategy</em>”, dan “<em>self-efficacy</em>”. Database yang digunakan melalui Scopus, Taylor &amp; Francis Group, dan Sage Journals. Hasil kajian literatur yaitu &nbsp;Komponen-komponen <em>self-efficacy</em> pada siswa sekolah dasar meliputi <em>self-efficacy</em> akademik, <em>self-efficacy</em> social dan <em>self-efficacy</em> regulasi diri. Strategi konseling di sekolah dasar dilaksanakan secara komprehensif dan kolaboratif. Penelitian yang spesifik membahas tentang strategi konseling yang dapat mempengaruhi <em>self-efficacy</em> pada siswa sekolah dasar tidak ditemukan dan <em>Self-efficacy</em> hanya merupakan bagian dari indicator variable yang dapat dipengaruhi melalui penerapan strategi-strategi konseling pada siswa sekolah dasar.</p> Amalia Rizki Pautina, Wiwik Pratiwi Copyright (c) 2024 Irfani (e-Journal) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir/article/view/4936 Tue, 23 Jul 2024 00:00:00 +0000