https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/issue/feed Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2024-05-28T03:09:35+00:00 Open Journal Systems Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4838 ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK 2024-05-28T03:08:58+00:00 Aljunaid Bakari aljunaid@gmail.com Ritmon Amala ritmonamala@gmail.com Rinaldi Datunsolang inal@gmail.com Abdurrahman R. Mala mala@gmail.com Riflan Hamsah riflan@gmail.com <p>Artikel ini menganalisis manajemen pembelajaran berbasis projek dalam konteks penguatan profil pelajar Pancasila dan nilai Rahmatan lil Alamin untuk membentuk karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah kajian Pustaka yang dianalisis secara teoretis dan filosofis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis projek dianggap efektif dalam menanamkan nilai-nilai tersebut karena memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan. Penelitian ini menyoroti strategi, tantangan, dan dampak dari implementasi metode ini dalam konteks pendidikan di Indonesia</p> 2024-04-24T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4772 PROGRESIVITAS ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK 2024-05-28T03:05:46+00:00 Alfian Erwinsyah alfianwiwink@gmail.com Said Subhan Posangi subhanposangi@gmail.com Muhammad Arif Ferdiansyah ferdi@gmail.com <p><em>This research aims to analyze research articles on the progressivity of the application of science and technology to the development of students' character This research is a literature study using the Narrative Literature Review method. Data sources come from reputable international journals contained in the Scopus database, accessed through scopus.com, using keywords that have been determined from the initial study, namely Science and Technology and character. The research period covered the last 4 years (2019-2023) and the scope in the country of Indonesia, where 4 articles were obtained that fit the research objectives. From the analysis of the journal articles, some important information was found, including the author's contribution, diagnostic methods used, and content relevant to the research topic on the relationship between Science and Technology and character. The results found are (1) Using ICT-based Learning Media in introducing and teaching about the character of environmental care to students (2) Using LCD media and learning resources from the internet for problem solving of moral and social situations represented visually in the form of animated sketches. (3) Using a digital technology-based evaluation system Automated Short Essay Scoring directly affects students' confidence and character (4) Implementing a 15-minute reading system using ICT by browsing learning websites before learning can increase confidence to learn.</em></p> 2024-04-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4767 PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR STANDARDIZATION (ISO) PADA PENDIDIKAN TINGGI 2024-05-28T03:09:35+00:00 Asriyati Nadjamuddin asriyati@gmail.com Amalia Rizki Pautina lia_pautina@gmail.com Wiwik Pratiwi wiwikpra@gmail.com <p><em>Tujuan Penelitian ini yakni untuk menganalisis trend penelitian tentang perencanaan dan implementasi ISO pada Pendidikan Tinggi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Penelitian ini merupakan studi literatur metode Narrative Literature Review, teknik pengumpulan data penelitian dilakukan secara tidak langsung ke objek yang diselidiki berupa data sekunder berbentuk artikel jurnal. Data diambil dari jurnal internasional bereputasi dengan basis data Scopus melalui scopus.com mengenai Perencanaan dan Implementasi International Organization for Standardization (ISO) pada Pendidikan tinggi dengan kata kunci yang telah ditentukan dari studi awal yakni ISO, Pendidikan, Perguruan Tinggi, Program Studi. Dalam rentang waktu 4 tahun terakhir (2019-2023) dan diperoleh 4 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ditemukan 4 hal yang dapat dimplementasikan untuk meningkatkan standarisasi mutu pendidikan perguruan tinggi, (1) integrasi ISO 9001 dengan prinsip 5-S Kaizen untuk melihat program prioritas dari sebuah perguruan tinggi serta level mutu berada pada level apa (2) Mengembangkan sistem informasi Tracer Study yang terintegrasi dengan database Sistem Informasi Akademik (SIA) dan dengan database SIA menganalisis kinerjanya dengan menggunakan ISO/IEC 25010. (3) Implementasi Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) ISO 14001 dan pengukuran kinerja GreenMetrcis perguruan tinggi tentang kinerja lingkungan (4) Mengembangkan model sistem penjaminan mutu terpadu untuk institusi pendidikan tinggi bersertifikasi ISO, dengan mengintegrasikan Akreditasi BAN-PT dan ISO 9001:2008</em></p> 2024-04-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4707 BASIC EDUCATION POLICY (NINE YEARS OF COMPULSORY STUDY) 2024-03-24T08:47:03+00:00 Alsri Nurcahya 232625226.alsri@uinbanten.ac.id Ahmad Qurtubi ahmad@gmail.com Anis Fauzi anis.f@gmail.com <p class="16cKataKunci"><em><span lang="IN">The basic education policy, especially the 9-year compulsory education program, is a government effort to improve the accessibility and quality of education for the entire society. The effort to make it compulsory for children to complete a minimum education for nine years has the primary objective of providing equal opportunities for all children to obtain an adequate basic education, improving access to education, reducing school dropouts, and improving the quality of education. Implementation of this policy is expected to have a good impact on reducing school dropout rates and increasing education participation at the elementary level. However, there are many challenges in ensuring the sustainability of the program, such as adequate infrastructure, the availability of quality educational resources, and meeting the needs of students with diverse educational backgrounds. The method used in this research is library studies, which involves collecting literature, gathering relevant data or information, and studying topics or issues related to the development of the Basic Education Policy, Compulsory Learning 9 Years. Therefore, there is a need for efforts in the evaluation and adaptation of this policy in order to achieve the primary objective of equal and quality basic education.</span></em></p> 2024-04-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4693 MENENTUKAN DAN MENGUKUR STANDAR MUTU PENDIDIKAN (STUDI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA GORONTALO) 2024-04-13T03:20:59+00:00 Djunawir Syafar nawir@gmail.com Firman Sidik firmansidik@iaingorontalo.ac.id Muchamad Arif Kurniawan arifkurniawan@gmail.com <p>Menentukan dan mengukur standar mutu adalah aspek penting dalam pendidikan karena akan menentukan tujuan dan kualitas dari suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini membahas bagaimana cara menentukan dan mengukur standar mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Gorontalo. Sekolah tersebut dijadikan lokus penelitian, karena beberapa faktor. <em>Pertama,</em> sekolah tersebut telah terakreditasi (A) dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan. <em>Kedua,</em> sekolah tersebut adalah sekolah percontohan di kota Gorontalo dengan manajemen sekolah yang unggul. <em>Ketiga,</em> sekolah tersebut pernah dijadikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di kota Gorontalo.&nbsp; Penelitian ini adalah studi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan dua cara: wawancara dan dokumentasi<em>.</em> Hasil penelitian ini menunjukkan: <em>Pertama,</em> dalam menentukan dan mengukur standar mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Gorontalo mengacu pada delapan Standar Nasional Pendidikan, yakni: (1) standar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5) standar sarana dan prasarana, (6) standar pengelolaan, (7) standar pembiayaan, (8) standar penilaian pendidikan. <em>Kedua,</em> melalui standar internal sekolah yaitu: <em>input</em>, proses, <em>output,</em> dan <em>outcome. </em>Kedua pendekatan tersebut digunakan untuk menyesuaikan dengan standar nasional pendidikan dan kebutuhan internal sekolah. Melalui dua pendekatan tersebut, Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Gorontalo menjadi sekolah percontohan di kota Gorontalo dengan manajemen sekolah yang unggul.</p> 2024-04-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4690 ORGANIZATIONAL COMMITMENT AS A DETERMINING FACTOR OF TEACHERS' ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR IN ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS; META-ANALYSIS 2024-03-12T06:05:01+00:00 Dede Ridho Firdaus ridhofirdaus1707@gmail.com Anis Zohriah anis.zohriah@uinbanten.ac.id Rijal Firdaos rijal.firdaos@uinbanten.ac.id <p>This research aims to draw comprehensive conclusions from the results of relevant previous research. Seeing the strength of the correlation between organizational commitment and organizational citizenship behavior of teachers in Islamic educational institutions. Using Meta-Analysis research and systematic reviews using JASP 0.18.1.0 software. The data found were 25 articles through searches on Google Scholar and Mendeley search with the keywords Organizational commitment, organization citizenship behavior teacher. 10 articles were selected based on predetermined researcher characteristics and criteria. The data taken from the selected articles is the number of samples (N) and the r value for each article, then the effect size is analyzed. Includes; Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madarasah Aliyah Data from research on organizational commitment to organizational citizenship behavior of teachers at Islamic educational institutions were analyzed in depth to find out how big the correlation between organizational commitment is to organizational citizenship behavior of teachers at Islamic educational institutions. This research begins with formulating the research topic, tracing research results that are relevant for analysis. This can be seen from the research results which show that the results of analysis using the random effect model show that there is a significant positive correlation between organizational commitment and teacher organizational citizenship behavior. The strength of the correlation between organizational commitment and teacher organizational citizenship behavior is included in the low significance category1 (re: 0.790).</p> 2024-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4678 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA PESANTREN 2024-02-29T07:06:45+00:00 Anis Zohriah anis@gmail.com Dimas Zuhri Ahmad dimaszuhri262@gmail.com Deni Iriyadi deni@gmail.com <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Fokus pada penelitian ini adalah manajemen pemasaran yang ada di Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 untuk meningkatkan citra pesantren tersebut. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini melakukan analisis dan evaluasi keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode, setelah memilih beberapa responden berdasarkan pendekatan kualitatif. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1). </span><span style="vertical-align: inherit;">Perencanaan Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 merencanakan dengan baik. </span><span style="vertical-align: inherit;">Pesantren belajar dari pesantren yang lebih baik dan maju. </span><span style="vertical-align: inherit;">2). </span><span style="vertical-align: inherit;">Pengorganisasian dengan cara membentuk Departemen Penerimaan Santri Baru (PSB). </span><span style="vertical-align: inherit;">terdiri dari beberapa bagian, tugas tim PSB antara lain merencanakan berbagai strategi promosi untuk menarik minat masyarakat, seperti menata beberapa tempat untuk dijadikan sasaran pemasaran pesantren, 3). </span><span style="vertical-align: inherit;">Pelaksanaan : Pesantren melakukan pemasaran dengan berbagai kegiatan promosi dengan mengunjungi sekolah-sekolah dan melalui media cetak dan online, 4). </span><span style="vertical-align: inherit;">Pimpinan Pesantren melakukan evaluasi secara keseluruhan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Karakteristik masing-masing pesantren menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk memilih pesantren. </span><span style="vertical-align: inherit;">Selanjutnya citra pesantren dapat dibentuk dengan strategi pemasaran yang memanfaatkan konsep bauran pemasaran, Bisnis Model Canvas dan komunikasi yang baik dalam setiap koordinasi.</span></span></p> 2024-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4664 MENELAAH KEPUASAAN GURU TERHADAP LAYANAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DALAM PENDIDIKAN ISLAM: SEBUAH SURVEI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI GORONTALO 2024-02-16T19:50:02+00:00 Herson Anwar heran@gmail.com Arten A. Mobonggi herson.anwar@iaingorontalo.ac.id <p>Studi ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasaan terhadap layanan penilaian angka kredit guru pendidikan agama Islam di provinsi Gorontalo. Penelitian ini merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 sebagai indicator untuk mengukur ekspektasi dan persepsi dari penerimaan layanan, serta selisih antara keduanya dengan Analisis Important Analysis (IPA). Hasil menunjukkan bahwa tingkat kerja 2.42 (cukup penting) dan harapan 2.49 (cukup puas). Dalam artian, kinerja yang dirasakan oleh guru pendidikan agama Islam di provinsi Gorontalo sudah sesuai dengan harapan pelayanan guru. Meskipun begitu, masih perlu dilakukan perbaikan terus-menerus pada atribut ang memiliki tingkat kesesuaian rendah agar dapat meningkatkan sesuai dengan harapan guru, yang mencerminkan adanya kekurangan dalam penyediaan layanan saat ini. Penelitian lebih lanjut dapat mengkaji cakupan yang luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda untuk analisis yang lebih mendalam. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam penyusunan kebijakan oleh Kementerian Agama provinsi Gorontalu untuk memperbaiki kualitas penillaian layanan bagi guru pendidikan agama Islam.</p> 2024-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4227 STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KUDUS 2024-03-15T10:01:43+00:00 Ani Rosyida rosidaani35@gmail.com Supardi Supardi supardi@gmail.com <p>Atikel ini mengkaji penggunaan media youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kudus. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran video berbasis Youtube mata pelajaran IPA materi Tata Surya, menganalisis efektifitas penggunaan video berbasis Youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods (metode campuran) yang menggambarkan praktik guru dalam kelas dengan teori. Artikel ini mempunyai temuan bahwa pada awal pembelajaran yang dilakukan oleh guru tanpa menggunakan video berbasis Youtube kurang efektif karena terdapat 71,4% siswa yang belum tuntas belajar, sedangkan guru yang menggunakan video berbasis Youtube dalam materi Tata Surya terdapat 78,6% yang tuntas belajar yaitu sebanyak 22 siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM (70). Artikel ini berkontribusi dalam menggambarkan strategi efektif penggunaan media Youtube dalam pembelejaran siswa madrasah Ibtidaiyah&nbsp;</p> 2024-03-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/4195 KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN K.H. SYAM’UN DAN K.H. MAS ABDURRACHMAN 2023-12-25T05:12:04+00:00 Dimas Zuhri Ahmad dimaszuhri262@gmail.com Machdum Bachtiar machdum.bachtiar@uinbanten.ac.id Agus Gunawan agus.gunawan@uinbanten.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kepemimpinan Pendidikan Menurut Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman membahas tentang konsep dan praktik kepemimpinan pendidikan yang dianut oleh dua tokoh ulama, pejuang, dan pendidik asal Banten, yaitu Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman. </span><span style="vertical-align: inherit;">Artikel ini menggunakan metode studi biografi dan analisis untuk menggali informasi dari berbagai sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan kedua tokoh tersebut. </span><span style="vertical-align: inherit;">Artikel ini menemukan bahwa kepemimpinan pendidikan menurut Brigjen KH Syam'un dan KH Mas Abdurrachman memiliki tiga ciri utama, yaitu: (1) kemampuan untuk memberikan pengaruh, arahan, perintah, motivasi, dan lingkungan kondusif terhadap anggota-anggota lembaga di lembaga pendidikan; </span><span style="vertical-align: inherit;">(2) kemampuan untuk mereformasi sistem pendidikan pesantren dengan mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum atau ilmu sosial; </span><span style="vertical-align: inherit;">dan (3) kemampuan untuk mengembangkan jaringan kerjasama antara lembaga pendidikan dengan lembaga-lembaga lain yang relevan.</span></span></p> 2024-02-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam