https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/issue/feed Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2022-09-15T11:01:54+00:00 Open Journal Systems https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2911 EVALUATION MANAGEMENT MODEL IN LEARNING 2022-09-15T11:01:54+00:00 Titin Suhartini Kaaba titinsuhartini@gmail.com Yinarti Hida yiyin@gmail.com <p><em>This study aims to see the evaluation management model in learning. The method used in this research is literature because the data obtained comes from books. The results of the study found that learning evaluation is important because it becomes a benchmark for the success of a process. In addition, evaluation also serves to provide a recommendation so that each learning process carried out can be of high quality and quality</em></p> 2022-09-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2853 MANAJEMEN DALAM MENYAMPAIKAN GAGASAN DAN PENDAPAT DI HADAPAN PUBLIK TERHADAP PEMBENTUKKAN PERILAKU KOMUNIKASI MAHASISWA FITK IAIN SULTAN AMAI GORONTALO 2022-07-30T02:35:40+00:00 Lisdawati Muda lisdamuda@gmail.com <p>Munculnya berbagai aksi demonstrasi yang ditunjukkan mahasiswa dari beragam aktivitas yang dilakukan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus seringkali mempertontonkan peristiwa memiriskan yang dilakukan oknum mahasiswa. Menyampaikan pendapat dan gagasan, berinteraksi dengan Civitas Akademika maupun dengan masyarakat luas yang menyimpang dari moral seringkali dipertontonkan sebagian mahasiswa sehingga mencederai peran mahasiswa sebagai kaum terpelajar. Oleh karena itu pemahaman tentang pentingnya mengelola gagasan dan pendapat, perlu dilakukan setiap mahasiswa dan handaknya mendapat dukungan sepenuhunya dari pihak lembaga tempat mahasiswa menimba ilmu pengetahuan.</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2822 PEMBERIAN PERTIMBANGAN KOMITE SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES 2022-07-26T03:33:39+00:00 Najamuddin Petta Solong uddinpettasolong@gmail.com Ni'ma M. Alhabsyi ni'ma@gmail.com Ridwan Monoarfa ridwan@gmail.com <p><em>Kajian ini bertujuan menganalisis penerapan fungsi pemberi pertimbangan Komite Sekolah dalam pelaksanaan standar proses pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Hasil temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa penerapan fungsi pemberi pertimbangan komite sekolah dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo terlaksana secara efektif dan efisien namun belum seluruhnya. Ketua dan anggota Komite Sekolah memahami bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI sepenuhnya adalah otoritas guru sehingga terkesan tidak boleh diintervensi oleh Komite Sekolah padahal regulasi yang mengatur hal ini justru memungkinkan dijalankannya fungsi pemberi pertimbangan. Kondisi ini bisa dipahami karena kedatangan Komite Sekolah ke sekolah bila ada masalah yang mendesak atau ada undangan dari sekolah. Selama ini tanggungjawab pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah sepenuhnya diserahkan kepada kepala sekolah dan guru PAI sebagai pelaksananya. Hal ini tidak terjadi bila kedatangan Komite Sekolah rutin ke sekolah. Pembuatan jadwal kunjungan setiap minggu bagi seluruh anggota Komite Sekolah bisa dilakukan, karena yang berkunjung di sekolah tidak mesti ketua Komite Sekolah.</em></p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2814 KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN EFIKASI DIRI DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS 013 KABUPATEN TANGERANG 2022-06-30T23:30:36+00:00 Mohammad Sulaeman mohammadsulaeman80@gmail.com Sudadio Sudadio sudadio@gmail.com Luluk Asmawati luluk@gmail.com <p>ABSTRAK</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan efikasi diri dengan kompetensi profesional guru sekolah dasar di Gugus 013 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi guru dalam penelitian ini berjumlah 146 orang dari 14 sekolah di gugus 013 kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang dan sebanyak 107 orang dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik p<em>roportionate stratified random sampling</em>. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan angket dan analisis yang digunakan adalah korelasi <em>product moment</em> dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,597 berada pada tingkat hubungan cukup kuat (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan efikasi diri dengan kompetensi profesional guru dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,572 berada pada tingkat hubungan cukup kuat (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan efikasi diri secara bersama sama dengan kompetensi profesional dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,604 berada pada tingkat hubungan kuat dan nilai koefisien determinasi sebesar 36,48%.</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2810 PENGELOLAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) PADA SMA NEGERI 2 SINJAI DI KABUPATEN SINJAI 2022-06-30T23:28:41+00:00 Rivaldy Ermansyah rivaldyerm@gmail.com Wahira wahira@unm.ac.id Sumarlin Mus sumarlin.mus@unm.ac.id <p>SPMI adalah system penjaminan mutu yang dijalankan oleh seluruh komponen didalam Lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah pada sistem penjaminan mutu internal di SMA Negeri 2 Sinjai. Penelitian ini diharapkan dapat memsberikan manfaat dalam pengembangan teori tentang SPMI dan pengelolaannya pada satuan pendidikan menengah dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada kinerja TPMPS. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif dengan menggunakan kata-kata tertulis dari perilaku yang diamati. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang berkonteks khusus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian tentang pengelolaan sistem penjaminan mutu internal di SMA Negeri 2 Sinjai, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sistem penjaminan mutu di SMA Negeri 2 Sinjai sesuai dengan standar penjaminan mutu yang dapat dilihat dari kriteria perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Bagi pihak sekolah SMA Negeri 2 Sinjai, diharapakan dapat meningkatkan kerjasama dengan tim penjaminan mutu demi kelancaran pengelolaan sistem penjaminan mutu internal di SMA Negeri 2 Sinjai, dan memposisikan guru mata pelajaran sesuai dengan kualifikasi akademiknya atau latar belakang pendidikannya.</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : Pengelolaan; Penjaminan Mutu; SPMI; TPMPS.</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2792 KEARIFAN LOKAL HUYULA MASYARAKAT GORONTALO SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ANTI KORUPSI 2022-06-30T23:26:40+00:00 Supandi Rahman andimedsos@gmail.com <p>Prevention of corruption through strengthening local wisdom has not been done much. Departing from this, the purpose of this study is to reveal efforts to develop an anti-corruption education culture in the community through the implementation of the Huyula culture of the Gorontalo community. This research uses a qualitative approach with a literature study method. The results of the study indicate that the implementation of Huyula can be a community effort in cultivating anti-corruption values. The typical behavior of the Gorontalo people, which is starting to be difficult to find, is considered to be a medium for educating anti-corruption values, including honesty, discipline, responsibility, hard work, simple, independent, fair, brave, and caring. The suggestions that the author can give through this research are: 1) Indonesia is a storehouse of local wisdom which of course contains positive values, including the huyula tradition of the Gorontalo community, so it must be preserved; 2) cultivating anti-corruption values ​​through the implementation of the huyula tradition which is included in non-formal education is expected to be a reference in learning in formal education in schools and universities so that it has sustainable benefits.</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2709 MANAGEMENT OF ARABIC MATRICULATION PROGRAM AT DARUL HIKMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL 2022-06-13T06:26:28+00:00 Nurfadila Rasyid nrfdlrsy1497@gmail.com Zakiya Arifa arifazakiyah@uin-malang.ac.id Ahmad Mubaligh mubaligh.ahmad@gmail.com <p>The focus of this research is to describe the management of the Arabic matriculation program at Darul Hikmah Boarding School in Bima. In learning Arabic Darul Hikmah Boarding School implements a language matriculation program where this program must be followed by students and is expected to provide benefits in the field of language and convenience for students. In this paper the research used is qualitative research where data is collected through observation, interviews and documentation. In this paper the research used is qualitative research where data is collected through observation, interviews and documentation. Then in analyzing data consists of data collection as well as data reduction and conclusion drawing.The results of the study concluded that the series of arabic matriculation program management activities carried out at Darul Hikmah Boarding School included: planning an Arabic matriculation program through the establishment of learning programs, material preparation, media use and determination of learning method approaches. (2) Organizing Arabic matriculation has prepared qualified tutors with S2 and S1 Arabic qualifications as measured by teaching tests. (3) implementation of matriculation program applying time token arends learning model by using <em>al-Arabiyatu Baina Yadai Auladina</em> teaching book. (4)&nbsp; evaluation of Arabic matriculation program is to determine assessment standards, hold written and oral examinations, make improvements and follow-up. Thus the matriculation program using the learning time token arends model is a good program in managing the Arabic matriculation program at Darul Hikmah boarding school in Bima</p> 2022-09-08T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2697 STUDENTS' COGNITIVE BEHAVIOR (CASE STUDY IN LEARNING MANAGEMENT) 2022-06-13T06:25:27+00:00 Alfian Erwinsyah wink8809gto@gmail.com Ramli Utina ramliutina@gmail.com Frida Maryati Yusuf fridayusuf@gmail.com Erni Muhammad erni@gmail.com Muhammad Iksan iksan@gmail.com <p><em>This case study aims as a basis or reference for solving students' cognitive-behavioral problems, can have more data to be carried out in the next stage of management, analyze students' cognitive-behavioral problems and align each related element.</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; The case study method used is a qualitative method, with a phenomenon and psychology approach because it involves the cognitive behavior of students in learning management. The method of data collection was done by interview and observation. This case study was carried out by taking 2 students as samples, as well as several teachers at SMP Negeri 3 Limboto. In the data analysis technique, the writer divides the problem identification</em><em>, </em><em>analysis, synthesis, diagnosis, prognosis, treatment and </em><em>follow -up continued</em><em>.</em></p> <p><em>The results of the case study, from the identification of problems these students experienced cognitive-behavioral problems in the form of learning difficulties in learning management. Analysis, students' cognitive problems, namely the difficulty of understanding mathematics, science, and English, lack of willingness to learn, language difficulties, having a shy character, sibling conflict, and verbal bullying experienced students. In synthesis, students lack the motivation to learn, feel lazy to learn, and have a sense of hatred towards a particular subject and conflict. Diagnosis, Internal factors within students and external to their environment. Prognosis, if the problem is not immediately addressed, then what can happen is that no knowledge is transferred and learning achievement will decrease. Treatment, homeroom teachers, and teachers must always cooperate</em><em>, </em><em>provide advice to students, and teach slowly until they find comfort in learning. As a follow-up, students can be included in competitions, for example in Sports and the Arts, which are their favorite subjects. Inform parents about problems and treatments that must be carried out as well as those carried out at school.</em></p> 2022-08-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2543 STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL 2022-03-17T02:18:27+00:00 Rinaldi Datunsolang rinaldidatunsolang@gmail.com Ritmon Amala ritmonamala87@gmail.com Firman Sidik firmansidik@iaingorontalo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa strategi yang digunakan kepala sekolah menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, sehingga nilai positif yang ada proses pendidikan multikultural tidak hanya dirasakan dan dipahami secara teoritis saja namun lebih dari itu bisa teraktualisasikan dan bisa dirasakan manfaatnya secara nyata realitas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka di mana data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari berbagai literatur terkait, kemudian dianalisis dan diklasifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang kemudian diolah menggunakan pendekatan secara teoritis dan filosofis. Hasil penelitian menemukan bahwa ada dua strategi yang digunakan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu: pertama menanamkan nilai-nilai multikultural dalam setiap proses pembelajaran. Kedua, menanamkan nilai-nilai multikultural disetiap kegiatan ekstra sekolah.</p> 2022-03-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2540 POLA PENDIDIKAN PESANTREN PONDOK IT YOGYAKARTA 2022-03-13T07:24:06+00:00 Iwan Sopwandin iwansopwandin8@gmail.com Ahmad Hinayatulohi ahmadhinayatulohi@gmail.com Dani Syaripudin danisyaripudin@gmail.com <p><em>The rapid development of the times requires that every educational institution, including pesantren, is required to be able to compete and be competitive in addition to religious development but also the technology sector. This paper aims to analyze the pattern of education applied by Islamic boarding schools in IT Yogyakarta. The research method used is qualitative. Data collection techniques through observation, interviews and documentation studies. Meanwhile, the selection of informants used purposive sampling technique with the stages of data analysis including data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study indicate that there are three patterns of education applied by Islamic boarding schools at Pondok IT Yogyakarta, namely: 1) integration of digital skills and religious understanding; 2) Foster Brothers of Pondok IT Yogyakarta Islamic Boarding School in the development of Islamic boarding schools; and 3) Oriented to poor students.</em></p> 2022-03-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam