Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi en-US Mon, 28 Feb 2022 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2543 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa strategi yang digunakan kepala sekolah menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, sehingga nilai positif yang ada proses pendidikan multikultural tidak hanya dirasakan dan dipahami secara teoritis saja namun lebih dari itu bisa teraktualisasikan dan bisa dirasakan manfaatnya secara nyata realitas sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka di mana data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari berbagai literatur terkait, kemudian dianalisis dan diklasifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti yang kemudian diolah menggunakan pendekatan secara teoritis dan filosofis. Hasil penelitian menemukan bahwa ada dua strategi yang digunakan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu: pertama menanamkan nilai-nilai multikultural dalam setiap proses pembelajaran. Kedua, menanamkan nilai-nilai multikultural disetiap kegiatan ekstra sekolah.</p> Rinaldi Datunsolang, Ritmon Amala, Firman Sidik Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2543 Tue, 22 Mar 2022 00:00:00 +0000 POLA PENDIDIKAN PESANTREN PONDOK IT YOGYAKARTA https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2540 <p><em>The rapid development of the times requires that every educational institution, including pesantren, is required to be able to compete and be competitive in addition to religious development but also the technology sector. This paper aims to analyze the pattern of education applied by Islamic boarding schools in IT Yogyakarta. The research method used is qualitative. Data collection techniques through observation, interviews and documentation studies. Meanwhile, the selection of informants used purposive sampling technique with the stages of data analysis including data reduction, data presentation and conclusions. The results of this study indicate that there are three patterns of education applied by Islamic boarding schools at Pondok IT Yogyakarta, namely: 1) integration of digital skills and religious understanding; 2) Foster Brothers of Pondok IT Yogyakarta Islamic Boarding School in the development of Islamic boarding schools; and 3) Oriented to poor students.</em></p> Iwan Sopwandin, Ahmad Hinayatulohi, Dani Syaripudin Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2540 Tue, 15 Mar 2022 00:00:00 +0000 PEMERATAAN AKSES PENDIDIKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2538 <p>Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan terjadinya tuntutan dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat, transparan, tidak dibatasi waktu dan tempat khusus dalam bidang pendidikan. Sistem informasi manajemen dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam adalah suatu kebutuhan. Hal ini didasari atas fakta bahwa masyarakat sekarang ini membutuhkan dan menuntut pelayanan pendidikan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Penulis mengkali permasalahan yang ada dengan cara menelaah beberapa buku dan artikel jurnal terkait untuk dibandingkan dan ditarik kesimpulan. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah tersedianya instrumen dan infrastruktur tehnologi yang memungkinkan pendidikan diselenggarakan dengan baik dan bermutu dalam bentuk sistem informasi manajemen pendidikan Islam. Pemerataan pendidikan hal yang sangat penting dalam penyelenggaran pendidikan di Negara ini. Penentuan satuan pendidikan yang menjadi sasaran program perluasan dan pemerataan akses pendidikan agama yang mempertimbangkan secara proporsional antara satuan pendidikan umum dan satuan pendidikan agama. Namun tingkat ketersentuhan itu tampak belum menyeluruh</p> Nurul Fauziah, Hinggil Permana Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2538 Mon, 21 Mar 2022 00:00:00 +0000 EVALUASI PROGRAM PENJAMINAN MUTU STANDAR ISI PEMBELAJARAN PADA TAHAPAN MASUKAN (ANTECEDENTS) (Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluatif di Universitas Muhammadiyah Makassar) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2529 <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>Improving the quality of education can be realized properly when the process runs continuously and continuously. The process of improving the quality of education gradually becomes a necessity following an improvement in quality that is better than before. This research is categorized as an evaluation research using mixed methods. This research uses a case study approach and the location of this research is the University of Muhammadiyah Makassar which is located at Jalan Sultan Alauddin No. 259 Makassar City. based on the objective standards of curriculum implementation determined from 8 sub-aspects showed that it was categorized as high or all evaluated had been achieved with an average value of 3.72 or high category. The results of the achievement of the quality of graduates at the University of Muhammadiyah Makassar at the results stage (output and outcomes) show that: a) most students can complete their studies on time, namely 4 years with a presentation of 65.58% with a satisfactory category, b) the GPA ranking of graduates shows that more who get a GPA &gt; 3.50-4.00 with a percentage of 60.34% compared to a GPA below 3.50 with a percentage of 34.82%, c) the average waiting period for alumni to get a job is under 6 months with a percentage the achievement of 68.10%, d) the relevance of education and work of alumni shows that more work relevant to their education with an achievement of 76.14% than those who are not relevant to their education.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><strong><em>:</em></strong> <strong><em>Quality Assurance, Content Standards and Evaluative Stake Countenance</em></strong></p> Mawardi Pewangi, Ferdinan Ferdinan, Alamsyah Alamsyah, Sandi Pratama Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2529 Mon, 28 Mar 2022 00:00:00 +0000 TOWARD RESEARCH UNIVERSITY IN ISLAMIC STUDIES: PUSAT STUDI SEBAGAI KATALISATOR UIN SUNAN KALIJAGA MENUJU PERGURUAN TINGGI RISET https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2524 <p><em>Currently, the world of higher education no longer only relies on the teaching aspect alone, but should also emphasize the research and publication aspects. Therefore, UIN Sunan Kalijaga continues to transform from a teaching university to a research university in order to achieve the vision of a world class university in Islamic Studies as a specialty of Islamic university. This vision stimulated the academic community at UIN Sunan Kalijaga to establish research centers as a catalyst for channeling research interest. This is a real step in accelerating research development and novelty which is expected to offer applicable solutions to problems in the disruptive era. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and interactive data analysis model by Miles and Huberman. The results showed that: First, in terms of existence, there are three categories of research centers at UIN Sunan Kalijaga, namely active study centers, inactive study centers, and new study centers. Second, there are several factors that influence the existence of these various research centers such as the presence of experienced senior research figures, a consistent cadre of young researchers, success in entering research grant competitions, and the intensity of publications published.</em></p> Bayu Mitra A. Kusuma Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2524 Mon, 28 Feb 2022 00:00:00 +0000 ARAH KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PASCA REFORMASI DI INDONESIA https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2510 <p>Artikel ini betujuan untuk melihat kebijakan pendidikan islam di Indonesia pada masa reformasi, sebagai bahan kajian dan pelajaran bagi proses dan pengambilan kebijakan dewasa ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka, di mana sumber atau data-data yang dihadirkan pada penelitian ini berasal dari berbagai literature yang dianalisis secara komprehensif, sistematis dan filosofis. Hasil penelitian menemukan bahwa kebijakan pendidikan islam di era reformasi sudah sangat baik, bahkan bisa dibilang kebijakan yang dikeluarkan sudah sangat berpihak pada pengembangan pendidikan islam baik secara proses maupun secara lembaga.</p> Putriani L. Maliki, Ansar Ansar, Astin Lukum, Arfan Arsyad, Noviyanti Djafri, Arifin Suking Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2510 Tue, 22 Mar 2022 00:00:00 +0000 PERAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH DI PROVINSI BANTEN https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2497 <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Understanding the role of leadership style in the form of transactional leadership style, transformative leadership style and visionary leadership style in improving the quality of madrasa education in Banten Province, including exposing the supporting and inhibiting factors. This research uses literature study method. The author examines the existing problems by examining several books and related journal articles to compare and draw conclusions. The results of this study show the following: First, the leadership style of Madrasah directors in Banten Province is very different, especially at the research site, namely some have developed a transactional leadership style (the academic community of MAN 1 Serang City), some have developed a transformative leadership style (the MAN 2 Kota Serang academic community). Attack), and some of them develop visionary leadership styles (the academic community of MAN 1 Serang Regency). Second, the different leadership styles of madrasah directors practiced in different locations with different leadership styles play a significant role in efforts to improve the quality of madrasah education in Banten Province.</p> <p>&nbsp;</p> R. Asep Hidayat Sugiri, Encep Syarifudin, Anis Fauzi Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2497 Thu, 03 Mar 2022 00:00:00 +0000 INOVASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL (STUDI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI JENJANG SD-SMP KABUPATEN TULUNGAGUNG) https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2462 <p>The development of education in the modern era must be a concern for all education actors, in the context of this study, which is related to educational innovation in the digital era. Tulungagung Regency is one of the areas that is also affected or also intersects with the digital era, in which the level of education at the elementary-junior high school level should also follow the times. The research objective is to analyze the concept of innovation in education which is closely related to aspects of social change, but broadly speaking, in implementing educational innovation there are main aspects that are of concern, namely: principals, teachers, students, curriculum, and facilities. This study uses descriptive qualitative research, with informants of education actors in Tulunggaung Regency. The results of this study indicate the main aspects of concern, namely: principals, teachers, students, curriculum, and facilities. Of the five aspects, it is important to carry out an adaptation effort and adjust it according to the conditions and developments of the times. One thing that must be the main concern is on the facility side, of course every change or development of the times also makes a learning model or learning implementation system change. The implementation of adaptation is what makes it important and imperative, especially in the adjustment of learning facilities.</p> Muhammad Ainun Najib, Binti Maunah Copyright (c) 2022 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2462 Mon, 28 Feb 2022 00:00:00 +0000 PERAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2292 <p>Tujuan penelitian ini, yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah pengawas, kepala madrasah, wakmad guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan yang diperoleh bahwa peran pengawas dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu, yakni dengan melakukan pembinaan terprogram dan terjadwal melalui rencana kepengawasan akademik (RKA), pengawas memberikan bimbingan, arahan, contoh merevisi, dan cara membuat dokumen 2 (Silabus dan RPP). a) Rencana Kepengawasan Manajerial (RKM), b) Rencana Kepengawasan Manajerial (RKM). Dalam melakukan pembinaan khusunya kinerja guru yakni dengan di awal semester dan akhir semester ganjil dan genap. 2) Peran pengawas dalam meningkatkan kinerja guru berdampak pada peningkatan kinerja dan kualitas guru. Pembinaan pengawas dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran, membina penyusunan dokumen program tahunan dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membina guru yang memiliki tugas tambahan dan hasil penilaian dilaporkan kepada guru yang dinilai. Rekomendasi hasil penelitian ini hendaknya Pelaksanaan pembinaan oleh pengawas dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kinerja guru yang mengacu pada fungsi, prinsip, tujuan serta prosedur penerapan meningkatkan kinerja guru<em>.</em> Fokus pelaksanaan pembinaan pengawas bukan hanya terfokus pada seorang guru, tetapi pada semua guru lainnya karena semua guru sebagai tim kerja (<em>cowokers</em>) yang sama-sama bertujuan mengembangkan situasi yang memungkinkan terwujudnya peningkatan kenaikan pangkat dan kesejahteraan para guru.</p> Said Subhan Posangi Copyright (c) 2021 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2292 Thu, 09 Sep 2021 00:00:00 +0000 KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2285 <p>Tujuan Penelitian ini ialah&nbsp; Untuk mengetahui pengaruh dari variabel kompetensi kepribadian guru terhadap variabel karakter peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jumlah sampel 177 peserta didik di SMP Negeri 2 Sinjai dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket. Hasil Penelitian yakni bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap Karakter Peserta Didik, setelah diuji dengan menggunakan rumus analisis regresi sederhana Y= 22,167 + 0,881 X.&nbsp; Hal ini membuktikan bahwa kompetensi kepribadian guru memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Karakter Peserta Didik, Serta mengakibatkan peningkatan sebesar 0,860 pada konstanta 22,167. Hal ini juga dibuktikan dengan pengujian hipotesis di mana t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel</sub> yaitu 21,897 &gt; 1,653920.&nbsp; Maka hal tersebut menunjukan variabel kompetensi kepribadian guru memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Sinjai.</p> <p>&nbsp;</p> Rivaldy Ermansyah Copyright (c) 2021 Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/2285 Thu, 26 Aug 2021 00:00:00 +0000