Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Visi dan Misi Pendidikan

  • Puspita Mohune
  • Baso Tola IAIN Sulltan Amai Gorontalo
Keywords: Keputusan, proses pengambilan keputusan, visi dan misi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan kepala sekolah dalam pencapaian visi dan misi pendidikan di SMP Cokroaminoto Salongo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif explanatori. Subjek penelitian ini berjumlah 17 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif untuk mendukung hasil penelitian dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pencapaian visi dan misi pendidikan di SMP Cokroaminoto Salongo berdasarkan 6 tahapan proses pengambilan keputusan, kepala sekolah cenderung melakukan 3 tahapan yaitu penentuan kriteria pemecahan masalah, pemilihan alternatif yang terbaik dan penetapan keputusan atau pengimplementasian alternatif yang dipilih. Jika dalam proses pengambilan keputusan kepala sekolah melaksanakan tahapan pengambilan keputusan terutama dalam menganalisis kondisi internal dan eksternal sekolah dengan resiko yang timbul dari setiap alternatif  pilihan keputusan yang ada, maka pencapaian visi dan misi sekolah akan tercapai dan senantiasa eksis dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Jika warga madrasah lebih terbuka dalam memberikan sumbangsih pemikiran yang lebih maksimal saat rapat-rapat pengambilan keputusan, maka akan memudahkan dalam mengidentifikasi alternatif pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan secara logis dan terbaik.

Published
2019-06-26
How to Cite
Mohune, P., & Tola, B. (2019). Proses Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dalam Pencapaian Visi dan Misi Pendidikan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 111-127. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1095