Pengaruh Moral Reasoning Auditor Terhadap Kompetensi dan Independensi Auditor Pada Kantor BPK RI Perwakilan Propinsi Sulawesi Barat

Authors

  • Anwar Anwar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v13i01.429

Keywords:

moral reasoning auditor, kompetensi, independensi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh moral reasoning auditor pemerintah terhadap kompetensi dan independensi auditor pada kantor BPK RI perwakilan Propinsi Sulawesi Barat. Dengan adanya temuan tersebut diharapkan menjadi referensi bagi pihak terkait sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kompetensi dan independensi auditor pemerintah. Penelitian ini juga dapat dijadikan bahan masukan bagi pengembangan kode etik akuntan.

Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat yang berjumlah 31 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel  adalah teknik Nonprobality Sampling (Sampel jenuh).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel moral reasoning tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kompetensi, sedangkan variabel moral reasoning berpengaruh signifikan terhadap independensi.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Anwar, A. (2017). Pengaruh Moral Reasoning Auditor Terhadap Kompetensi dan Independensi Auditor Pada Kantor BPK RI Perwakilan Propinsi Sulawesi Barat. Al-Buhuts, 13(01), 23–32. https://doi.org/10.30603/ab.v13i01.429

Issue

Section

Articles