Pengaruh Harga Bahan Baku, Harga Jual dan Produksi terhadap Hasil Penjualan Nasi Bakar Sultan

(Studi Kasus UMKM Sambel K’Diyah)

Authors

  • Dian Nur Millah Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hendri Sucipto Universitas Muhadi Setiabudi
  • Slamet Bambang Riono Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.5151

Keywords:

Raw material prices, selling prices, production, sales results

Abstract

This research aims to analyze the influence of raw material prices, selling prices and production on the sales results of Sultan's roasted rice at Sambel K'Diyah MSMSe. This research was carried out by conducting field observations using a questionnaire as a research instrument with the aim of finding out sales results in the related focus, namely Sambel K'Diyah MSMSe. Sampling in the research used a probability sampling method with a sample size of 93 people. The primary data obtained is a nominal data scale which is then converted into an interval data scale using the method of successive intervals. The data results obtained with the questionnaire instrument were tested using SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 25.0. Several tests carried out to analyze the data that have been obtained are correlation tests, reliability tests, multiple linear regression tests, t tests and f tests. The results of the research show that the price of raw materials has an influence on sales results, the selling price has an influence on sales results and production has an influence on sales results, and in this research there is a significant value between the three independent variables and the dependent variable, which can be interpreted as the price of raw materials , selling price and production have a simultaneous effect on the sales results of sultan’s roasted rice in Sambel K'Diyah MSMSe.

References

Agustina, I. M., & Kartika, I. N. (2020). Pengaruh Tenaga Kerja, Modal dan Bahan Baku terhadap Produksi Industri Kerajinan Patung Kayu di Kecamatan Tegallalang. E-Jurnal EP UNUD, 6(7), 1302–1331.

Apipah, N., Dumadi, D., & Riono, S. B. (2022). Edukasi Penetapan Harga Jual bagi Pelaku UMKM Harum Manis Desa Parereja, Brebes. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 1–10.

Barus, A. C., & Leliani. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan Kompas100 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 3(2), 11–20. https://doi.org/10.55601/jwem.v4i1.209

Faradisa, S. D., & Sadiqin, A. (2022). Pengaruh Harga Material Bahan Baku Plat terhadap Pelayanan Jasa Konstruksi Baja Tanki Minyak Kelapa Sawit CV. Samaco di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (Embiss), 2(4), 413–416.

Fitriah, A. A. N. (2020). Pengaruh Harga Jual dan Lokasi terhadap Volume Penjualan Telur Itik di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 1–98.

Gandhy, A., & Kurniawati, S. D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur, 8(1), 15–31. https://doi.org/10.30588/jmp.v8i1.376

Halin, H., Wijaya, H., & Yusilpi, R. (2019). Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver terhadap Nilai Penjualan Pada CV. Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2015. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251

Herawati, H., & Mulyani, D. (2019). Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo. UNEJ E-Proceeding, 463–482.

Jalil, M, A., Syahidin, & Erma. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues. Gajah Putih Journal Of Economics Review (GPJER), 3(2), 76–88.

Jasmani. (2018). Pengaruh Promosi dan Pengembangan Produk terhadap Peningkatan Hasil Penjualan. Jurnal Ilmiah Semarak, 1(3), 142–157.

Kurniawan, D. W. (2019). Analisa Pengelolaan Pakan Ikan Lele Guna Efisiensi Biaya Produksi Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 2(1). https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.552

Maliha, A. (2018). Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku terhadap Tingkat Pendapatan Industri Kue dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 33(4), 1–103.

Perdana, A. P., Dinar, M., Hasan, M., Rahmatullah, & Said, M. I. (2020). Kajian Ketersediaan Bahan Baku, Tingkat Persaingan dan Perilaku Kewirausahaan Dalam Mendukung Perkembangan Usaha (Studi Kasus Pada Usaha Mebel Di Kecamatan Manggala Kota Makassar). Universitas Negeri Makassar, 32. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/3656

Salim, A. (2018). Strategi Pemasaran Home Industry Larasati Snack di Desa Tanjunganyar untuk Meningkatkan Hasil Penjualan dari Etika Bisnis Islam. IAIN Kudus, 48(8), 879.

Santi, N. W. A., Haris, I. A., & Sujana, I. N. (2019). Pengaruh Harga Jual dan Volume Penjualan terhadap Pendapatan UD. Broiler Putra di Dusun Batumulapan Kabupaten Klungkung pada Tahun 2015-2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 116. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20090

Selay, A., Andgha, G. D., Alfarizi, M. A., Wahyudi, M. I. B., Falah, N. M., Encep, M., & Khaira, M. (2023). Sistem Informasi Penjualan. Karimah Tauhid, 2(1), 232–237.

Slat, A. H. (2018). Analisis Harga Pokok Produk Dengan Metode Full Costing dan Penentuan Harga Jual. Jurnal EMBA, 1(3), 110–117.

Suartawan, I. K., & Purbadharmaja, I. B. (2020). Pengaruh Modal dan Bahan Baku terhadap Pendapatan Melalui Produksi Pengrajin Patung Kayu di Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. E-Jurnal EP Unud, 6(9), 1628–1657.

Sucipto, H., Khojin, N., Aisyah, N., & Musriah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Toko Oleh- Oleh Sa ’ cekele Ketanggungan ). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Recearch, 1(3), 53–67.

Sucipto, H., Nasir, M., Yulianto, A., & Ikhwan, S. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Kacang Garuda di Kabupaten Brebes. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Recearch, 1(3), 1–15. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v16i2.6665

Suryo, A. A., Suddin, A., & Widajanti, E. (2020). Pengaruh Harga, Iklan, Citra Merk dan Pelayanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di Wilayah Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(2), 395–404. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/3656

Suudi, M. Y., & S, E. S. (2021). Pengaruh Bahan Baku dan Manajeamen Rantai Pasokan terhadap Proses Produksi PT. Niro Ceramic Nasional Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 22(1). https://doi.org/10.35137/jei.v22i1.528

Triwibowo, E., & Jumiatun. (2019). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 4(1), 90–102.

Wahyuni, S. (2019). Teori Konsumsi dan Produksi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Akuntabel, 10(1), 74–79. https://core.ac.uk/download/pdf/229018574.pdf

Wijayanto, P. W. (2019). Pengaruh Harga Jual, Promosi dan Distribusi terhadap Volume Penjualan pada PP. Setia Kawan di Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 2(1), 1–11.

Zulyanti, N. R. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Alat Produksi, Harga Bahan Baku, Pemakaian Bahan Baku, Jumlah Tenaga Kerja terhadap Volume Produksi (Studi Kasus Pada Industri Sarung Tenun Di Desa Pangeran Maduran). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, I(3), 159–170.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Dian Nur Millah, Hendri Sucipto, & Slamet Bambang Riono. (2024). Pengaruh Harga Bahan Baku, Harga Jual dan Produksi terhadap Hasil Penjualan Nasi Bakar Sultan : (Studi Kasus UMKM Sambel K’Diyah). Al-Buhuts, 20(1), 638–650. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.5151

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.