Actuating Pendidikan Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Hadits

Authors

  • Qomaria Abusama Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Siti Asiah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Zohra Yasin Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Actuating Pendidikan, Al-Qur’an, Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep actuating dalam pandangan Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka dengan menggunakan metode kajian tafsir tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits. Hasil penelitian menemukan bahwa term actuating pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadits banyak ditunjukkan dengan kata fa’ala yaf’alu yang menunjukkan kata mengerjakan atau melaksanakan. Dalam Islam, pelaksanaan (actuating) pendidikan bertujuan untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan perkembangan dari total kepribadian seorang insan manusia melalui pendidikan spiritual, intelektual, jasmani dan rohani manusia sehingga mampu meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Actuating pendidikan dalam Al-Qur’an dan hadits terdiri dari prinsip-prinsip, strategi dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungannya. Kepemimpinan, motivasi kerja, komunikasi, musyawarah, kerja sama hingga tanggung jawab didalam menanamkan nilai-nilai pendidikan secara hakiki merupakan komponen dalam pelaksanaan (actuating) pendidikan dalam AL-Qur’an dan Hadits.

Downloads

Published

2020-10-01

Issue

Section

Articles