Analisis Keefektifan Penerapan Metode Question Student Have Dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Sri Sunarti Uli

Keywords:

keefektifan, metode Question Student Have, pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis penerapan metode Question Student Have yang difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa terdiri dari: 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi tindakan, tahap analisis dan refleksi tindakan. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dari tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata-rata mencapai 69,12 meningkat pada siklus I menjadi 74,15 kemudian meningkat lagi pada  siklus II menjadi 84,45. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,81% meningkat menjadi 81,94%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan. Implikasi hasil penelitian ini adalah kerja sama yang baik antara guru dan siswa dan dapat menunjang keberhasilan penerapan metode Question Student Have dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Uli, S. S. (2018). Analisis Keefektifan Penerapan Metode Question Student Have Dalam Pembelajaran IPA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76–93. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1024