MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS IV SDN 2 AMBANG 2

Authors

  • Silvana Sondakh SD Negeri 2 Ambang 2

Keywords:

STAD, Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi "Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah" melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas IV SDN 2 Ambang 2. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada materi tersebut, yang ditunjukkan melalui hasil evaluasi awal berupa nilai rata-rata yang hanya mencapai 44 dengan tingkat ketuntasan belajar 30%. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman peserta didik yang signifikan. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 66,8 dengan ketuntasan belajar mencapai 50%. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan menambahkan media interaktif dan bimbingan kelompok yang lebih terstruktur, sehingga nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 87,0 dan tingkat ketuntasan belajar mencapai 100%. Temuan ini membuktikan bahwa metode STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah." Penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi pengembangan strategi pembelajaran kolaboratif di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru disarankan untuk mengintegrasikan metode STAD dalam pembelajaran dengan pendekatan yang lebih variatif dan interaktif untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Sondakh, S. (2024). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS IV SDN 2 AMBANG 2. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/142-155