MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KHUTBAH TABLIG DAN DAKWAH PADA KELAS XI DI SMKN 1 KOTAMBAGU

Penulis

  • Ningsi Paputungan SMKN 1 Kotamobagu

Kata Kunci:

Hasil belajar, Problem Based Learning, PAI dan Budi Pekerti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Khutbah, Tablig dan Dakwah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Kotamobagu Tahun Ajaran 2023/2024, yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan (Total Keseluruhan 10). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi khutbah, tablig dan dakwah. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (30%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 59. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 6 peserta didik  (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.1 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 9 siswa (90%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.0. Siswa lebih meningkat dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Paputungan, N. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KHUTBAH TABLIG DAN DAKWAH PADA KELAS XI DI SMKN 1 KOTAMBAGU. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 82–95. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2024-12-01