Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Akreditasi Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia Kabupaten Pohuwato

Authors

  • Buhari Luneto IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Ismiati Ahmad IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Manajemen Berbasis Madrasah, Akreditasi Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskrpsikan dan menganalisis implementasi manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan akreditasi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, pegawai tata usaha dan komite madrasah. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, Implementasi manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan akreditasi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia sudah terealisasi cukup baik dalam hal implementasi prinsip kemandirian, keadilan, kemitraan, keterbukaan, partisipasi, efisiensi dan prinsip akuntabilitas; dalam hal akreditasi madrasah yang berkenaan dengan 8 standar nasional pendidikan sebagai acuan minimal dalam melaksanakan akreditasi madrasah,  Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia sudah terimplementasi dengan baik dan mendapatkan nilai akreditasi B. Kedua, faktor pendukung penerapan manajemen berbasis madrasah dalam peningkatan akreditasi di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia diantaranya: adanya kekompakan dari semua elemen di madrasah, semangat yang tinggi dalam membangun madrasah, adanya minat dan kerjasama yang tinggi serta adanya kesadaran personil dalam menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawabnya. Sementara yang menjadi faktor penghambat diantaranya: rendahnya minat orang tua dan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah, layanan ketatausahaan yang belum representatif, kebijakan pemerintah dan yayasan, adanya program pendidikan gratis, masih minimnya sarana prasarana, rendahnya pengetahuan masyararkat tentang keunggulan madrasah. Rekomendasi hasil penelitian ini untuk yayasan, hendaknya madrasah diberi keleluasaan untuk mengelola secara mandiri proses pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat, tidak lagi harus bergantung kepada kebijakan yayasan, kepala madrasah yang dipandang sebagai pihak yang banyak tahu tentang pengembangan mutu madrasah. Bagi Madrasah diharapkan mendorong proses pengembangan kemampuan personel madrasah dengan memanfaatkan prinsip kewenangan, pengetahuan, informasi dan penghargaan

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

Luneto, B., & Ahmad, I. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Akreditasi Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Buntulia Kabupaten Pohuwato. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 31–49. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2102