Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo

Authors

  • Farhan Hioda min1kotagorontalo

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Video Pembelajaran

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan sulit karena guru tinggal melakukan dengan sengaja dan diamatilah hasilnya secara seksama. Penelitian ini dilakukan di kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 28 orang. Pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I yang kurang optimal ini berdampak pada siswa. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,28 dan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 53,57%. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil nilai tes siswa yang mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan setelah akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,07 dan ketuntasan belajar sebesar 78,57%. Pada siklus Initerdapat 22 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa yang belum tuntas. Maka dengan melalui media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi pada siswa kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo

Additional Files

Published

2022-02-02

How to Cite

Hioda, F. (2022). Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Sub Tema Sumber Energi Kelas IVA MIN 1 Kota Gorontalo. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 11–23. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/2549