Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Al-Afuww

Authors

  • Anto Jaya MI Negeri Keerom Papua

Keywords:

Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Asmaul Husna AL- Afuww, Make a Match

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan penulis di kelas VI MIN Keerom Papua yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut belum menggunakan model pembelajaran inovasi yang memanfaatkan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif, kurang bersemangat dan menganggap bahwa mata pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VI MIN Keerom Papua. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VI MIN Keerom Papua yang terdiri dari 18 siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat dilihat dari nilai rata-rata prasurvey yaitu dengan ketuntasan belajar 27,77%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 72,22%. Dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata dengan ketuntasan belajar 88,88%. Dengan demikian terjawab hipotesis tindakan dalam penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VI di MIN Keerom Papua

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Jaya, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Al-Afuww. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 35–43. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4018