Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kalimat Thayyibah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV MIN 2 Manado

Authors

  • Asura Igirisa MI Negeri 2 Manado

Keywords:

Hasil Belajar, metode Number Head Together, Akidah Akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada materi kalimah Tayyibah Subhanallah, Masya Allah dan Allahu Akbar mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Numbered Head Together. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase B kelas IV MIN 2 Manado tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 14 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Number Head Together berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode Number Head Together hasil belajar siswa secara klasikal hanya 4 siswa (13%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut Rata-rata hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil post test siklus II menunjukkan peningkatan bila dibandingkan dengan post test siklus I yakni 63, 9 % meningkat menjadi 81,8 %. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik sudah mencapai ketuntasan belajar yaitu 75% dari peserta didik yang telah mencapai minimal 70, selain itu Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Igirisa, A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kalimat Thayyibah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IV MIN 2 Manado. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 44–54. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4019