Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Peningkatan Perestasi Belajar Materi Toleransi dan Menghargai Perbedaan Di Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Maiwa

Authors

  • Amiruddin UPT SMP Negeri 3 Maiwa

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi toleransi dan menghargai perbedaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D UPT SMPN 3 Maiwa, yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh metode PBL berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hidup lapang dengan berbagi. Sebelum diterapkannya metode PBL hasil belajar peserta didik pada siklus I sebanyak 11 orang (55%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.8. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus II sebanyak 19 orang peserta didik (95%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88,1.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Amiruddin. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Peningkatan Perestasi Belajar Materi Toleransi dan Menghargai Perbedaan Di Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Maiwa. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 82–89. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4047