Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Strategi Number Head Together Siswa Kelas Vi Mi Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara

Penulis

  • Rasyidah MI Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara

Kata Kunci:

Strategi Number Head Together, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Abstrak

Proses pembelajaran keberhasilannya ditentukan oleh seorang guru di dalam kelas, dimana strategi pembelajaran adalah salah satu faktor pendorong tercapainya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskripsi tentang gambaran aktifitas belajar siswa, gambaran kinerja guru, dan peningkatan hasil belajar siswa tentang Akhlak Terpuji dengan menggunakan strategi Number Head Together di kelas VI MI Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Strategi Number Head Together adalah aktivitas belajar siswa yang menghendaki kemampuan kreativ siswa dan mengubah pola interaksi sosial siswa agar mampu merangsang keaktifan siswa dalam belajar. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan nilai 80 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90. Sedangkan hasil belajar pada siklus I menunjukkan rerata 77dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi rerata 89. Hasil kinerja guru juga meningkat, dilihat dari siklus I menunjukkan nilai 87,5 dan pada siklus II menjadi 91,66. Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan strategi number head together meningkat dengan baik dengan rerata siklus adalah 83

Diterbitkan

2022-02-02

Cara Mengutip

Rasyidah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Melalui Strategi Number Head Together Siswa Kelas Vi Mi Darun Najah Sungai Pandan Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 125–132. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4051