Penggunaan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Zakat Peserta Didik Kelas X MAN 3 Bone

Authors

  • Suhartini MAN 3 Bone

Keywords:

metode jigsaw, hasil belajar, materi zakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk pada perintahNya, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D kelas VII UPT SMPN 7 Satap Maiwa, yang terdiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi mengagungkan Allah dengan tunduk dan pqtuh pada perintahNya. Sebelum model pembelajaran problem based learning hasil belajar peserta didik secara klasikal masih belum mencapai maksimal, itu di lihat dari hasil peserta didik pada Pra siklus yaitu pencapaian KKTP hanya (54%) Setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (62%) yang sudah mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 15 peserta didik (100%) mencapai KKTP dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Suhartini. (2022). Penggunaan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Zakat Peserta Didik Kelas X MAN 3 Bone. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 141–155. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4053