Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah An-Nas Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Nurjannah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Keerom

Keywords:

Kemampuan Membaca, Metode Make a Match, Al-Qur’an Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca surah Annas pada pelajaran Al-Qur’an Hadis melalui metode Make a Match. Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Keerom Tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 19 peserta didik. Teknik pengumpulann data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make a Match berhasil meningkatkan kemampuan membaca surah pendek peserta didik pada materi Surat An-Nas. Sebelum diterapkan metode Make a match hasil belajar peserta didik secara klasikal belum ada peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 48,5. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 60.7 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 Pesetta didik (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.00. siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2021-02-02

How to Cite

Nurjannah. (2021). Penerapan Metode Make A Match Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Surah An-Nas Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 53–63. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/4081