PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ELEMEN ALQUR’AN DAN HADIS KELAS XI SMA NEGERI 1 DUNGALIYO
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar peserta didik terhadap Pembelajaran PAI khususnya pada elemen Alqur’an dan Hadis. Hal ini dapat terlihat dalam proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang aktif. Sehingga dengan minat belajar yang cukup rendah tersebut memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar PAI pada elemen Alqur’an dan Hadis , diambil tindakan pembelajaran menggunakan media audio Visual. Dengan menggunakan media audio visual diharapkan peserta didik menjadi sangat antusias sekali dalam belajarnya. Peserta didik juga menjadi termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang berlansung. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, sedangkan pada teknik Unjuk Kerja adalah menggunakan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi pesera didik yang di amati oleh peneliti dari proses pembelajaran pra siklus yang didapat nilai rata-rata 63% kemudian meningkat menjadi 68% pada siklus I dengan jumlah peserta didik yang mampu mencapai indikator motivasi belajar 75% sebanyak 5 peserta didik dari jumlah 10 peserta didik. Dalam hal ini masih ada 50% jumlah peserta didik yang belum mencapai indikator motivasi belajar yang diharapkan. Namun, pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,62% dengan jumlah peserta didik yang mampu mencapai indikator motivasi belajar 75% sebanyak 10 peserta didik dari 10 peserta didik. Oleh karena itu, ada peningkatan yang sangat signifikan pada motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning.