MELALUI METODE MAKE A MATCH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS 3 SDN 7 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Sriningsih Purwanto SDN 7 Tolangohula

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaulhusna mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode Make A Match. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 3 SDN 7 Tolangohula Tahun Ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Make A Match berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaulhusna. Sebelum diterapkannya metode Make A Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (26.32%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66.84. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 11 peserta didik (57.89%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.26 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (89.47%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83.16. peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Sriningsih Purwanto. (2022). MELALUI METODE MAKE A MATCH DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS 3 SDN 7 TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 132–143. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5344