PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE MODEL STAD KELAS III SD NEGERI 26 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research), subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 26 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan instrument penelitian yakni lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes dan juga lembar hasil belajar peserta didik. Adapun teknik analisis data dilakukan berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yakni analisis secara deksriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan cooperative model Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi puasa Ramadhan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dikelas III SD Negeri 26 Limboto Kabupaten Gorontalo. Peningkatan tersebut terdiri dari: Peningkatan terhadap aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan pendekatan cooperative model Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus I hanya mencapai 71% sementara pada tindakan siklus II mencapa 94%. Peningkatan tersebut disebabkan oleh perbaikan yang dilakukan berdasarkan kekurangan yang dilakukan saat tindakan siklus I. Peningkatan aktivitas peserta didik saat pelaksanaan tindakan siklus I hanya mencapai 62% dan pada tindakan siklus II mencapai 86%. Perubahan atas aktivitas peserta didik yang meningkat tersebu disebabkan guru memberikan pembelajaran sangat menyenangkan, media yang digunakan membuat pesert didik tertarik dan memahami materi yang diajarkan. Peningkatan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran terdiri dari hasil pra siklus, yang hanya mencapai 42% sementara pada siklus I mencapai 71%, peningkatan tersebut tidak lain adalah cara guru memancinf antusias pserta didik untuk belajar meskipun belum mencapai ketuntasan nilai. Pada siklus II hasil belajar mencapai 100% secara jumlah dan nilai rata-rata mencapai 80,00.