UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN DI KELAS IV MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN READING ALOUD AND FLASH CARD DI SDN 8 TIBAWA, KABUPATEN GORONTALO
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang memfokuskan pada upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam membaca dan menulis al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau biasa disebut dengan PTK. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata-rata peserta didik mencapai 65,30 meningkat pada siklus I menjadi 71,47 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,25. Sedangkan pada aktivitas peserta didik dalam menulis surah Al-Hujurat Ayat 13 juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,81% meningkat menjadi 81,94%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan.